Demi Keselamatan, Tim Putra dan Putri Tim Nasional Jepang Berlatih di Lokasi Berbeda

Penulis: Yusuf Efendi
Selasa 23 Jun 2020, 17:45 WIB
Demi Keselamatan, Tim Putra dan Putri Tim Nasional Jepang Berlatih di Lokasi Berbeda

Kento Momota-Yuki Fukushima/[Foto:AFP]

Berita Badminton: Setelah absen tiga setengah bulan, tim bulu tangkis Jepang akan kembali mulai bergerak. Mereka akan melanjutkan pelatihan terpusat pada 1 Juli, menandai pertama kalinya tim berkumpul sejak terakhir kali berkompetisi di All England pada pertengahan Maret lalu.

Menurut laporan di Jepang, dilansir The Star, tim putra dan putri akan berlatih di lokasi terpisah untuk meminimalkan risiko penyebaran pandemi Covid-19.

Para pemain putra akan berbasis di Kota Takaoka di prefektur Toyama sementara para wanita akan berlatih di Kota Noshiro, di prefektur Akita.

Dimulainya kembali pelatihan tentu akan datang sebagai bantuan besar bagi pelatih kepala Park Joo-bong, yang kehabisan waktu menjelang musim bulu tangkis yang akan dilanjutkan pada bulan September.

Sementara kualifikasi Olimpiade Tokyo tidak akan dimulai hingga Januari mendatang, Federasi Badminton Jepang (NBA) akan menjadikan kejuaraan Piala Thomas dan Piala Uber di Aarhus, Denmark, mulai 3-11 Oktober sebagai prioritas utama mereka.

Mereka bertujuan untuk merebut kembali Piala Thomas yang terakhir mereka menangkan di New Delhi 2014 dan mempertahankan gelar Piala Uber di Bangkok dua tahun lalu.

Para pemain dijadwalkan untuk melanjutkan pelatihan pada 19 Juni, tetapi itu tidak terwujud karena dianggap tidak aman saat itu meskipun kuncian nasional Jepang telah dicabut sejak 25 Mei.

Sementara itu, pelatih ganda campuran Jeremy Gan berharap untuk menyambut kembali anak asuhnya dan pasangan nomor lima dunia, Yuta Watanabe/Arisa Higashino.

"Saya belum melihat mereka (Watanabe dan Higashino) sejak All England, ada beberapa pekerjaan yang harus dilakukan," kata Jeremy, mantan pemain Malaysia yang kini menjadi pelatih kepala ganda campuran Jepang.

“Tapi itu seharusnya tidak menjadi masalah karena seperti para pemain lainnya, mereka telah melanjutkan pelatihan dengan klub masing-masing beberapa minggu lalu. Yuta dan Arisa bersama tim Nihon Unisys,” ungkapnya.

Sesi pelatihan 1 Juli juga akan menjadi pertama kali munculnya pemain peringkat 1 dunia, Kento Momota yang melaporkan kembali untuk tugas tim nasional dalam empat bulan.

Juara dunia dua kali itu mengeluhkan penglihatan ganda pada hari pertama pelatihan pada 3 Februari setelah pulih dari cedera ringan yang diderita dalam kecelakaan jalan fatal di Malaysia pada 13 Januari.

Insiden itu terjadi ketika ia dalam perjalanan ke Bandara Internasional Kuala Lumpur, beberapa jam setelah memenangkan gelar Malaysia Masters 2020.

Momota harus menjalani operasi untuk memperbaiki fraktur lantai orbital di mata kanannya dan kini dipastikan sudah kembali normal.

Artikel Tag: kento momota, Yuta Watanabe, Arisa Higashino, Badminton Jepang

912  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini