banner babe

Data & Fakta Menarik Pensiunnya Lee Chong Wei

Penulis: Yusuf Efendi
Jumat 14 Jun 2019, 09:00 WIB
Data & Fakta Menarik Pensiunnya Lee Chong Wei

Lee Chong Wei/[Foto:BAM]

Berita Badminton: Legenda bulu tangkis Malaysia, Lee Chong Wei, telah memutuskan untuk pensiun dari olahraga yang telah membesarkan namanya selama 19 tahun, setelah tak cukup banyak waktu untuk kembali ke turnamen kompetitif akibat kanker hidung stadium awal yang menimpanya pada Juli tahun lalu.

Mendapat gelar Datuk dari pemerintah Malaysia, pemain yang akan berulang tahun ke-37 pada Oktober mendatang itu adalah salah satu pemain yang sangat berpengaruh di negara asalnya dengan segudang prestasi yang pernah ia torehkan.

Berikut data dan fakta pensiunnya Lee Chong Wei dari bulu tangkis:

- Lee Chong Wei adalah salah satu pemain tersukses sepanjang sejarah dengan raihan 69 gelar juara dengan 47 gelar di raih dari level Super Series selama 19 tahun berkarier di tim nasional.

- Lee Chong Wei mengabiskan total selama 348 pekan di posisi peringkat 1 dunia dan pemenang rekor berturut-turut selama 199 pekan.

- Lee Chong Wei adalah pemegang empat gelar All England yakni pada tahun 2010, 2011, 2014 dan 2017.

- Dalam turnamen bergengsi di Kejuaraan Dunia dan Olimpiade, Chong Wei hanya mampu meraih posisi runner-up sebanyak enam kali, yakni tiga Kejuaraan Dunia dan tiga Olimpiade.

- Di kejuaraan persemakmuran Commonwealth Games, Chong Wei menorehkan tinta emas dengan tiga gelar juara yakni tahun 2006, 2010 dan 2018.

- Lee Chong Wei adalah pemilik rekor terbanyak gelar di Malaysia Open dengan 12 gelar, dengan terakhir kali ia raih pada tahun 2018 lalu sebelum didiagnosis menderita kanker.

- Lee Chong Wei adalah satu-satunya pemain asing yang meraih gelar terbanyak di turnamen bergengsi Indonesia Open dengan enam gelar juara.

Artikel Tag: lee chong wei, Misbun Sidek, Pensiun, bam

1263  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini