Chong Wei: Malaysia Sulit Rebut Piala Thomas Jika Tak Punya Kedalaman Skuad

Penulis: Yusuf Efendi
Senin 16 Mei 2022, 18:30 WIB
Chong Wei: Malaysia Sulit Rebut Piala Thomas Jika Tak Punya Kedalaman Skuad

Lee Chong Wei/[Foto:Thestar]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Lee Chong Wei percaya bahwa Malaysia tidak akan bisa memenangkan Piala Thomas lagi sampai mereka dapat menyusun skuad yang seimbang yang memiliki setidaknya dua pemain tunggal yang tangguh.

Komentar Chong Wei muncul setelah Malaysia secara tak terduga tersingkir 3-2 oleh India di perempat final Piala Thomas di Bangkok, yang akhirnya keluar sebagai juara .

Kurangnya kedalaman skuad Malaysia dan ketergantungan yang berlebihan pada ganda secara brutal diekspos oleh India, dan untuk Piala Thomas ketiga berturut-turut, tim tersebut tersingkir sebelum waktunya di perempat final.

Malaysia berharap untuk mengambil dua poin dari dua ganda untuk menyegel skor yang menguntungkan mereka tetapi itu tidak terjadi.

Di ganda pertama, Goh Sze Fei/Nur Izzuddin Rumsani kalah 21-19, 21-15 dari Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty, dan India, yang membanggakan pemain tunggal yang lebih kuat di barisan mereka, memanfaatkan untuk memastikan lolos ke semifinal pertama mereka sejak 1979.

HS Prannoy menjadi pahlawan dengan mengalahkan Leong Jun Hao 21-13, 21-8 di tunggal ketiga yang menentukan.

“Saya tidak berpikir kami akan memiliki peluang bahkan jika kami menurunkan (Liew) Daren,” kata Chong Wei, ketika ditanya apakah dia akan mengatur pemain secara berbeda jika dia yang bertanggung jawab.

"Srikanth mengalir dengan percaya diri, dia tak tersentuh. Baik (Ng) Tze Yong atau Daren tidak bisa mengalahkannya.

"Bukannya Tze Yong tidak bagus, tapi dia belum mencapai level Srikanth. Jun Hao bernasib buruk melawan Prannoy yang lebih berpengalaman."

“Idealnya, Tze Yong bisa memainkan single ketiga, tapi saya rasa kami tidak mampu melakukannya. Bagaimana jika imbang tidak bertahan sampai pertandingan kelima?

“Untuk memenangkan Piala Thomas, dibutuhkan upaya kolektif dari semua orang di tim. Kami tentu perlu meningkatkan kedalaman tunggal jika ingin menantang gelar. Telah menjadi direktur pelatih tunggal selama beberapa tahun sekarang, (Wong) Choong Hann harus bertanggung jawab dan menjelaskan," Chong Wei menambahkan.

Mantan peringkat 1 Dunia setuju dengan saran bahwa BA Malaysia mempertimbangkan untuk memiliki seleksi terbuka untuk pemain tunggal, seperti yang dilakukan skuad India.

No 13 Dunia B. Sai Praneeth, meskipun No 3 di India, harus absen dalam tim Piala Thomas mereka setelah kalah dalam uji coba.

Soong Joo Ven, yang mengalahkan pemain No 1 Korea Selatan, Heo Kwang Hee di Korea Masters baru-baru ini,  dikejutkan setelah dia tidak dipertimbangkan untuk pemilihan Piala Thomas, sementara Cheam June Wei, yang mengalahkan Prannoy di Korea Open, juga diabaikan.

Joo Ven dan June Wei masing-masing berada di peringkat keempat dan kelima secara nasional.

"Mungkin, sudah waktunya kita melihat uji coba seleksi untuk tunggal putra agar adil bagi semua, terutama dengan banyak pemain independen di luar tim nasional," kata Chong Wei yang kekhawatirannya tentang kurangnya kedalaman sektor tunggal.

Dari 2006 hingga 2018, Chong Wei telah mengumpulkan rekor Piala Thomas yang luar biasa. Bermain sebagai single pertama, ia menyumbangkan 24 poin dari kemungkinan 27.

Kecemerlangan individu Chong Wei, bagaimanapun, tidak cukup untuk membantu Malaysia merebut kembali Piala Thomas yang bergengsi, yang terakhir mereka menangkan di Kuala Lumpur pada tahun 1992.

Malaysia yang paling dekat meraih kejayaan adalah di edisi New Delhi pada tahun 2014 di mana tim nasional dikalahkan 2-3 oleh Jepang di final.

Artikel Tag: lee chong wei, Malaysia, Piala Thomas 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/chong-wei-malaysia-sulit-rebut-piala-thomas-jika-tak-punya-kedalaman-skuad
4055  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini