China Sampaikan Banyak Terima Kasih Atas Dedikasi Lin Dan

Penulis: Yusuf Efendi
Senin 06 Jul 2020, 21:15 WIB
China Sampaikan Banyak Terima Kasih Atas Dedikasi Lin Dan

Lin Dan/[Foto:SinaSports]

Berita Badminton : Menurut informasi resmi dari Federasi Badminton China, Lin Dan memang telah menyampaikan laporan pensiun resmi beberapa hari yang lalu. Dengan mempertimbangkan keinginan pribadi Lin Dan dan situasi aktualnya saat ini, tim nasional menyetujui permohonan pensiun Lin Dan. Satu generasi raja bulu tangkis mengucapkan selamat tinggal pada bidang yang ia cintai.

Lin Dan yang akan berusia 37 tahun, tidak diragukan lagi merupakan salah satu atlet terbaik di dunia bulu tangkis. Dalam 20 tahun karir internasionalnya, ia telah dua kali memenangkan kejuaraan Olimpiade dan lima kali memenangkan kejuaraan dunia bulu tangkis serta sebagai kekuatan utama anggota tim saat memenangkan 6 kejuaraan Piala Thomas dan 5 kejuaraan Piala Sudirman untuk tim China.

Dengan bertambahnya usia, setelah memasuki siklus Olimpiade Tokyo, kemampuan atletik Lin Dan menunjukkan tren menurun, dan kinerjanya memburuk, khususnya, ia menghadapi banyak tantangan dalam proses merebut poin Olimpiade. Prospek memasuki Olimpiade Tokyo tidak ideal. Tapi dia masih tidak menyerah dengan enteng, masih bekerja keras untuk mencapai tujuannya di Olimpiade kelima.

Namun, setelah Festival Musim Semi tahun ini, yang dipengaruhi oleh pandemi Covid-19, dunia bulu tangkis masih dalam keadaan skorsing, dan Olimpiade Tokyo telah tertunda selama satu tahun, yang tidak diragukan lagi memberikan bayangan pada prospek Olimpiade Lin Dan. Setelah All England Open tahun ini, Lin Dan dan tim nasional menjalani latihan tertutup di Pangkalan Chengdu Shuangliu.

Dengan berlalunya waktu, rencana restart turnamen Badminton Dunia telah berubah berulang kali, ditambah dengan cedera dan penyakitnya sendiri, Lin Dan merasa bahwa semakin sulit untuk terus bertahan, dan akhirnya membuat keputusan untuk pensiun.

Berbicara tentang pensiunnya Lin Dan, Zhang Jun, ketua Federasi Badminton China, berkata:

"Terima kasih Lin Dan atas kontribusinya pada tim bulutangkis China. Selama bertahun-tahun, kinerja Lin Dan dalam pelatihan dan kompetisi serta prestasinya telah membuktikan bahwa ia adalah atlet yang hebat. Saya berharap kehidupan baru Lin Dan akan lancar setelah dia pensiun, dan saya berharap dia tidak akan menjauh dari bulu tangkis dan terus bekerja keras untuk mempromosikan bulu tangkis dengan cara yang baru," katanya.

Xia Xuanze, wakil ketua Federasi Badminton China, menyatakan pemahamannya tentang pilihan Lin Dan untuk pensiun pada saat ini. Sebagai pelatih yang menghabiskan waktu lama dengan Lin Dan, Xia Xuanze menyaksikan Lin Dan tumbuh dari seorang pemain muda menjadi pemain dengan prestasi yang menonjol.

Dalam pandangannya, Lin Dan telah memberikan banyak kontribusi kepada tim nasional China selama bertahun-tahun. Kecintaannya pada bulu tangkis, sikapnya yang cermat terhadap pelatihan dan rekornya yang luar biasa telah menjadi tujuan atlet muda untuk mengejar impian masa depan.

Artikel Tag: lin dan, Zhang Jun, badminton china, Pensiun

949  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini