banner babe

BWF Tanggapi Putusan Kontroversial Laga Anthony Ginting vs Lee Cheuk Yiu

Penulis: Yusuf Efendi
Selasa 19 Nov 2019, 20:57 WIB
BWF Tanggapi Putusan Kontroversial Laga Anthony Ginting vs Lee Cheuk Yiu

Momen Kontroversial Laga Anthony vs Lee/[Foto:Badmintonplanet]

Berita Badminton: Federasi Badminton Dunia (BWF) memberikan statemen perihal putusan kontroversial wasit saat memimpin laga final tunggal putra antara Anthony Sinisuka Ginting melawan Lee Cheuk Yiu di final Hong Kong Open 2019 World Tour Super 500 pekan lalu.

Kontroversi yang dibuat oleh wasit Joerg Hupertz asal Jerman telah menancing reaksi Keras dari para pebulutangkis maupun para penggemar di seluruh dunia.

BWF dengan cepat menanggapi masalah tersebut dan memberikan pernyataan di media sosial resmi badan bulu tangkis dunia itu.

"Saya telah mendengar keluhan dan komentar Anda. Saya tidak bisa mengubah hasilnya namun kami berkomitmen untuk membawa masalah ini ke otoritas yang lebih tinggi. Tujuan saya adalah sama dengan semua penggemar untuk membuat bulu tangkis menjadi olahraga yang lebih baik. Saya harap kejadian ini tidak mengubah persepsi anda tentang BWF. Kami mencintai olahraga, kami mencintai bulu tangkis dan kami mencintai semua pemain. Salam damai," bunyi pernyataan BWF.

Sebelumnya, Anthony Sinisuka Ginting harus menerima kekalahan kontroversial melawan Lee Cheuk Yiu asal tuan rumah di final Hong Kong Open pekan lalu.

Momen kontroversial terjadi di akhir game penentuan dalam kedudukan 20-21 untuk keunggulan Lee. Anthony mempunyai kesempatan untuk menyamakan kedudukan dan memperpanjang nafas setelah serobotan yang Ia lakukan berhasil masuk ke area pertahanan Lee. Namun wasit berkata lain yang justru menganggap bahwa Anthony melakukan fault yang berarti kemenangan bagi Lee.

Jika melihat dari tayangan ulang, shuttlecock jelas sekali sudah menyeberangi net lalu dipukul Ginting hingga kepala raket melewati net. Menurut regulasi BWF, momen tersebut tidaklah fault karena sebagai gerakan lanjutan dan raket Ginting sama sekali tidak menyentuh net. Namun wasit rupanya mempunyai pandangan lain tentang hal ini yang tentu saja sangat mengecewakan para pencinta bulu tangkis Indonesia maupun seluruh dunia.

Artikel Tag: Anthony Sinisuka Ginting, Lee Cheuk Yiu, BWF

17941  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa
ZHOU
ZHOU
21 November 2019 10:47
HARUSNYA WASIT KENA SP TUH
Terima kasih, balasan untuk komentar ini sedang dimoderisasi.
160 karakter tersisa