BWF Klarifikasi Laga Kontroversial Chou TIen Chen Vs Anthony Ginting

Penulis: Yusuf Efendi
Rabu 09 Nov 2022, 15:00 WIB
BWF Klarifikasi Pertandingan Kontroversial Chou TIen Chen Vs Anthony Ginting

Chou Tien Chen-Anthony Ginting/[Foto:Badmintoneurope]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Federasi Badminton Dunia (BWF) buka suara perihal kisruh yang terjadi saat pertandingan antara Chou Tien Chen asal Taiwan menghadapi Anthony SInisuka Ginting asal Indonesia di final Hylo Open 2022 pekan lalu.

“Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) dapat mengonfirmasi bahwa mereka sedang meninjau peristiwa yang terjadi selama final tunggal putra HYLO Open 2022 antara Chou Tien Chen (TPE) dan Anthony Sinisuka Ginting (INA) pada hari Minggu 6 November,” kata BWF.

Namun, badan bulu tangkis dunia juga tak menampik jika wasit telah melalukan kesalahan selama pertandingan berlangsung dan berjanji untuk memperbaiki kesalahan ini di masa depan.

“BWF percaya bahwa semua wasit berusaha untuk membuat keputusan terbaik yang bisa dia lakukan secara real time. Namun, bahkan jika kesalahan kadang-kadang terjadi, wasit tidak dapat mengesampingkan keputusan wasit berdasarkan fakta dan keputusan wasit dianggap final,” tambahnya.

Sebelumnya, di partai final tunggal putra antara Chou Tien Chen (TPE) dan Anthony Ginting (INA), keputusan kontroversial wasit menimbulkan banyak perdebatan bahkan jauh setelah pertandingan dan turnamen berakhir.

Itu adalah film thriller nyata bahkan tanpa kesal. Chou mendominasi set pertama (21-18), Ginting bangkit di set kedua (21-11). Di set penentuan, Ginting tampil sebagai pemenang dan sempat memimpin delapan poin. Namun Chou tidak menyerah dan berjuang untuk mendapatkan enam match point hingga kontroversi tersebut mengguncang pertandingan dengan kedudukan 22-22.

Inilah yang terjadi: Wasit menginterupsi reli yang sedang berlangsung dan mengenali adanya kontak darat dari kok di sisi Chou. Pemain berusia 32 tahun itu langsung memprotes keras.

"Saya tidak main-main lagi!" teriaknya di lapangan.

Wasit turun tangan, keputusan tetap berlaku meski perdebatan sengit. Ginting akhirnya mengonversi match point ketujuhnya dan memutuskan set ketiga (24:22) dan dengan demikian pertandingan itu menguntungkannya.

Chou menginginkan perubahan aturan

"Saya tahu saya tidak bisa mengubah situasi lagi. Tapi saya ingin BWF mempertimbangkan kemungkinan perubahan aturan sehingga adegan seperti itu tidak terulang di masa depan" jelas Chou. Secara khusus, Chou dengan demikian menyerukan pengenalan yang mirip dengan hawkeye, ulasan video yang dapat digunakan sebagai referensi pengambilan keputusan ketika wasit melakukan panggilan dekat.

Melihat kontroversi tersebut, tidak boleh dilupakan bahwa Ginting memainkan turnamen yang luar biasa. Pemain berusia 26 tahun itu tampil dominan di setiap pertandingan, mengalahkan pemenang tahun lalu Loh Kean Yew, antara lain, tanpa masalah.

"Saya tidak bisa lebih bahagia" kata Ginting sesudahnya.

Artikel Tag: Chou Tien Chen, Anthony Sinisuka Ginting, BWF

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/bwf-klarifikasi-laga-kontroversial-chou-tien-chen-vs-anthony-ginting
734  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini