BWF Kembali Gelar Kejuaraan Dunia Junior Tahun Ini

Penulis: Yusuf Efendi
Kamis 11 Agu 2022, 12:30 WIB
BWF Kembali Gelar Kejuaraan Dunia Junior Tahun Ini

Gregoria Mariska Tunjung/[Foto:PBSI]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Kembalinya Kejuaraan Dunia Junior BWF setelah istirahat dua tahun menempatkan sorotan kembali pada generasi bintang berikutnya.

Pandangan ke masa depan tidak tersedia pada tahun 2020 dan 2021 karena komplikasi yang timbul dari pandemi.

Sejak dimulai, Kejuaraan Dunia Junior telah menjadi barometer bakat yang dapat diandalkan. Sun Jun, juara dunia junior pada tahun pertama tahun 1992, memenangkan Kejuaraan Dunia tujuh tahun kemudian. Pemenang ganda Gu Jun akan menjadi legenda senior.

Meskipun tidak setiap bintang junior berhasil mencapai level elit, dalam beberapa tahun terakhir, transisinya jauh lebih konsisten.

Juara dunia junior tiga kali Kunlavut Vitidsarn, misalnya, hampir tidak membutuhkan waktu untuk transisi, dengan pemain peringkat 17 dunia itu sudah berlindung dengan baik di tingkat elit.

“Ini sangat penting bagi saya karena ini adalah turnamen terbesar untuk pemuda, yang merupakan tangga untuk peningkatan diri lebih lanjut,” kata Vitidsarn, yang memenangkan acara pada tahun 2017, 2018 dan 2019, menyamai rekor rekan senegaranya senior Ratchanok Intanon .

“Ini benar-benar membantu sampai batas tertentu… (walaupun) level dunia dan level junior berbeda dalam banyak aspek seperti kekuatan dan pengendalian diri.”

Pandangan sekilas pada pemain top dunia menunjukkan bahwa mereka hampir semua adalah bintang junior yang berprestasi seperti Viktor Axelsen, Kento Momota, Akane Yamaguchi, Chen Yu Fei, Ratchanok Intanon, Chen Qing Chen, Jia Yi Fan, Zheng Si Wei dan Dechapol Puavaranukroh semuanya adalah juara dunia junior.

Fungsi vital dari acara ini adalah untuk mempercepat perkembangan bulu tangkis, terutama di antara negara-negara yang tidak memiliki tradisi bulu tangkis. Di antara mereka yang berpartisipasi dalam edisi 2014, misalnya, adalah Adham Hatem Elgamal dari Mesir dan Doha Hany keduanya sekarang sudah tidak asing lagi di HSBC BWF World Tour.

Pada edisi 2019, tim yang berpartisipasi termasuk Armenia, Kepulauan Faroe, Kazakhstan, Latvia, Mongolia, Uganda dan Uzbekistan, memberikan pemain mereka kesempatan untuk merasakan bulu tangkis tingkat tinggi.

Dengan meningkatnya investasi ke dalam program junior, dan lebih banyak eksposur turnamen di usia muda, kualitas yang dipamerkan di Kejuaraan Dunia Junior menyaingi banyak acara senior. Pandemi mungkin telah mengganggu acara tersebut, tetapi edisi 2022 akan sangat penting untuk menampilkan evolusi bakat junior selama dua tahun terakhir.

Akankah pemain top dunia baru muncul di Santander? Ini adalah pertanyaan yang akan muncul di benak para penggemar saat kejuaraan tersebut dibuka pada bulan Oktober mendatang.

Artikel Tag: Kejuaraan Dunia Junior 2022, Indonesia, BWF

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/bwf-kembali-gelar-kejuaraan-dunia-junior-tahun-ini
756  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini