Butuh 10-15 Tahun Untuk Mengorbitkan Pemain Sekaliber Lee Chong Wei

Penulis: Yusuf Efendi
Sabtu 15 Jun 2019, 20:30 WIB
Butuh 10-15 Tahun Untuk Mengorbitkan Pemain Sekaliber Lee Chong Wei

Lee Chong Wei Bersama Li Yongbo di Olimpiade Rio 2016/[Foto:AFP]

Berita Badminton : Kepala pelatih tunggal putra tim nasional Malaysia, Datuk Misbun Sidek mengklaim bahwa mereka perlu waktu 10 hingga 15 tahun sebelum Malaysia dapat menghasilkan pemain berbakat luar biasa seperti Lee Chong Wei lagi.

"Kami tidak harus berpikir terlalu jauh ke depan," kata Misbun berusia 59 tahun, yang membimbing Chong Wei meraih medali perak Olimpiade pertamanya di Beijing 2008.

"Jika kami bisa menghasilkan pemain top seperti Rashid Sidek dan Wong Choong Hann, itu juga cukup bagus karena pemain sekaliber ini mampu memenangkan turnamen Super Series secara teratur," ungkapnya.

Penilaian Misbun tidak hanya berlaku untuk pemain tim nasional karena ia menganggap bahkan pemain yang dihasilkan saat ini belum mencapai patokan yang ditetapkan oleh Chong Wei dan pemain hebat lainnya dari generasi yang sama.

“Anda harus bermain dengan 95% dari kemampuan Anda untuk menjadi pemain yang luar biasa. Sebagian besar tunggal tunggal putra hanya dapat tampil 85% hingga 90%,” klaim Misbun.

“Bahkan Kento Momota, Chen Long dan Chou Tien Chen bermain hanya dengan 92%. Menurut saya, hanya empat pemain yang termasuk dalam kelompok 95% itu. Mereka adalah Chong Wei, Lin Dan, Taufik Hidayat dan Peter Gade Christensen."

"Namun alasan mengapa para pemain saat ini berjuang mungkin karena jadwal turnamen yang sibuk, dan juga gaya permainan yang sangat intens," Misbun menambahkan.

Misbun mengakui bahwa pensiunnya Chong Wei membuat perasaannya campur aduk.

“Saya sedih dan senang pada saat yang sama. Sedih, karena dia akhirnya berhenti setelah lama mewakili Malaysia,” katanya.

"Dia telah menempuh perjalanan panjang untuk menjadi No 1 dunia. Dia salah satu yang terhebat di dunia. Itu sangat memuaskan karena itu bagian dari mimpi saya juga. Dan saya senang karena dia bisa melawan penyakitnya yang mematikan. Saya senang melihat dia menjadi lebih baik dan lebih baik, dan hampir kembali ke kehidupan normalnya lagi,” tegas Misbun dengan yakin.

Artikel Tag: Misbun Sidek, lee chong wei, lin dan, Pensiun

2354  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini