BREAKING NEWS: Lin Dan Umumkan Pensiun

Penulis: Yusuf Efendi
Sabtu 04 Jul 2020, 12:51 WIB
BREAKING NEWS: Lin Dan Umumkan Pensiun

Lin Dan/[Foto:AFP]

Berita Badminton: Raja bulu tangkis asal China, Lin Dan secara resmi mengumumkan berita tentang pengunduran dirinya dari tim nasional China di media sosial pribadinya di Weibo, mengakhiri 20 tahun karir bulu tangkis di tim nasional China.

Melihat kembali karier Lin Dan, meskipun ia tidak bisa menahan invasi tahun-tahun itu, rekor tahap akhir karier jatuh ke bawah, tetapi kekurangan itu tidak menyembunyikan statusnya sebagai sang legenda.

Ini tidak memengaruhi status Lin Dan di dunia bulu tangkis, juga tidak bisa menghapus kontribusinya yang luar biasa pada bulu tangkis nasional. Dikatakan bahwa apakah tim nasional China dapat memiliki Lin Dan lagi setelah itu, setidaknya dalam waktu singkat, semua orang tidak dapat melihat jawabannya.

Dalam pertarungan yang menentukan di final Piala Thomas 2018, China memenangkan kejuaraan dengan mengalahkan Jepang, dan Lin Dan adalah salah satu pemain yang membantu tim kala itu.

Lin Dan telah tampil 20 kali di kejuaraan besar termasuk dua medali emas Olimpiade, lima kejuaraan dunia, enam piala Thomas, lima gelar Piala Sudirman, dan dua gelar Piala Dunia.

Ketika penghargaan ini keluar, singkatnya, Lin Dan sangat dipuja. Pertama-tama, sejak bulu tangkis menjadi cabang olahraga Olimpiade resmi pada tahun 1992, sejauh ini, hanya satu orang yang telah memenangkan gelar itu dua kali. Orang ini adalah Lin Dan, meskipun Taufik pernah mengalahkannya.

Lima gelar Kejuaraan Dunia juga membiarkan semua orang berdiri menyamping, menggunakan sejarah sebagai cermin.

Di antara para pemain aktif, Chen Long dengan dua gelar juara dunia adalah yang paling dekat dengan Lin Dan, tetapi hampir tidak mungkin untuk bisa melampaui.

Perlu disebutkan bahwa Lin Dan mencapai kemenangan di tiga kejuaraan berturut-turut di Kejuaraan Dunia 2006 hingga 2009. Ini juga rekor yang sangat sulit dijangkau oleh siapa pun.

Lin Dan adalah yang terhebat di sektor tunggal, bermain di permainan tim juga merupakan satu-satunya rasa hormat. Sebelum piala Thomas 2018, Lin Dan mencetak 32 kemenangan dan 1 kekalahan dalam kejuaraan ini.

Entah itu bermain dalam satu turnamen individual atau tim, Lin Dan mampu berada di puncak. Di Asian Games, ia memenangkan gelar tunggal putra dan beregu putra dua kali, dan Kejuaraan Asia memiliki empat gelar di tangan.

Lin Dan, yang berusia 35 tahun, mampu mememenangkan gelar di Malaysia Open tahun lalu. Ini juga merupakan trofi kejuaraan internasional ke-66 dalam karir Lin Dan, yang memberikan penghormatan kepada sang veteran.

Memang benar bahwa daya saing Lin Dan telah menurun seiring bertambahnya usia, tetapi Lin Dan jelas masih menyentuh kita semua dengan rekor gemerlapnya.

Artikel Tag: lin dan, lee chong wei, Pensiun

812  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini