banner babe

Breaking News: Lee Chong Wei Resmi Pensiun

Penulis: Yusuf Efendi
Kamis 13 Jun 2019, 18:06 WIB
Breaking News: Lee Chong Wei Resmi Pensiun

Lee Chong Wei/[Foto:NST]

Berita Badminton: Legenda bulu tangkis Malaysia, Datuk Lee Chong Wei akhirnya mengumumkan pensiun pada Kamis (13/6) siang waktu Kuala Lumpur, mengakhiri karier yang cemerlang dengan banyak penghargaan individu meskipun tidak pernah memenangkan gelar juara dunia maupun Olimpiade.

Lee, yang menghabiskan total 348 pekan di peringkat 1 dunia, kehilangan enam final di Kejuaraan dunia dan Olimpiade, menangis ketika ia menyebut berhenti berbulan-bulan setelah menderita penyakit kanker.

“Keputusan saya untuk pensiun adalah keputusan yang berat. Saya sangat menyukai olahraga ini. Tapi itu adalah olahraga yang menuntut. Saya berterima kasih kepada semua orang di Malaysia selama karipr 19 tahun terakhir,” kata Lee yang menangis pada konferensi pers.

Lee, ayah dua anak, didiagnosis menderita kanker hidung tahap awal tahun lalu dan setelah perawatan intensif di Taiwan, ia mengatakan bahwa ingin bermain lagi.

Namun dia belum berlatih sejak April dan setelah melewatkan serangkaian tenggat waktu yang ditentukan sendiri untuk kembali ke kompetisi, harapannya untuk memenuhi syarat untuk Olimpiade Tokyo tahun depan kian jauh.

Peraih tiga medali perak Olimpiade itu mengatakan bahwa dia sekarang ingin beristirahat dan menghabiskan waktu bersama keluarganya, dan bahkan membawa istrinya untuk "bulan madu", sebuah perjalanan yang telah tertunda sejak pernikahan mereka pada tahun 2012.

Upaya Lee yang gagal meraih medali emas Olimpiade pertama bagi Malaysia, mencapai tiga final berturut-turut, diikuti dengan penuh semangat oleh para penggemarnya, demikian juga persaingannya dengan musuh bebuyutannya asal China, Lin Dan.

Kejuaraan terakhirnya pada gelaran Olimpiade di Rio 2016 lalu berakhir dengan kekecewaan ketika pemain Malaysia itu kalah dari Chen Long di final yang berlangsung anti klimaks setelah sebelumnya menyingkirkan Lin Dan di semifinal.

“Saya tidak menyesal. Yang lebih penting adalah kesehatan saya, keputusan untuk pensiun sangat sulit,” kata Lee, yang menambahkan bahwa perawatan kankernya sudah berakhir.

“Rencana saya untuk pensiun awalnya setelah Olimpiade. Saya membuat keputusan ini karena kesehatan saya. Anda tahu saya menikah pada 2012. Tapi kami (belum) pergi berbulan madu. Saya berutang janji ini (kepada istri saya), sekarang saya harus menyenangkannya,” ungkap Lee terbata-bata.

Sukses selalu sang Legenda!!

Artikel Tag: lee chong wei, Lee Zii Jia, Misbun Sidek, Pensiun, olimpiade tokyo 2020

1323  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini