Breaking News: BWF Umumkan Kualifikasi Baru Untuk Olimpiade Tokyo 2020

Penulis: Yusuf Efendi
Rabu 27 Mei 2020, 22:30 WIB
Breaking News: BWF Umumkan Kualifikasi Baru Untuk Olimpiade Tokyo 2020

Federasi Badminton Dunia/[Foto:AFP]

Berita Badminton: Menyusul pengumuman pada Minggu lalu dari kalender turnamen yang diperbarui untuk musim 2020, Federasi Badminton Dunia (BWF) dapat menjabarkan peraturan kualifikasi yang diperbarui untuk Olimpiade dan Paralimpiade yang dijadwalkan berlangsung di Tokyo tahun depan.

Prioritasnya adalah untuk memastikan solusi yang adil untuk sistem kualifikasi yang terganggu dan memenuhi syarat pemain untuk Olimpiade yang ditunda. Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan Komite Paralimpik Internasional (IPC) telah menyetujui amandemen tersebut.

Sekretaris Jenderal BWF, Thomas Lund mengatakan bahwa keputusan ini diharapkan akan adil bagi semua pihak.

“Merupakan proses menyeluruh dengan konsultasi yang erat dan berharga dari Komisi Olahragawan untuk mempertimbangkan cara terbaik untuk melakukan penyesuaian pada sistem kualifikasi Olimpiade dan Paralimpik," katanya, dikutip dari situs Badminton Europe.

“Kami merasa ini adalah solusi yang adil untuk semua atlet dan itu akan menjadi prioritas pertama dan utama kami untuk melakukan turnamen ini sebagai bagian dari pengembalian bulu tangkis dan Para bulutangkis yang disesuaikan setelah COVID-19."

"Meskipun kami bertujuan untuk melanjutkan turnamen internasional menjelang akhir 2020, kami telah memilih untuk melanjutkan proses kualifikasi Olimpiade dan Paralimpik hanya pada tahun 2021 untuk memastikan bahwa pembatasan perjalanan dan dampak terkait lainnya dari COVID-19 terbatas," ungkap Lund.

Semua poin peringkat yang diperoleh di turnamen diselesaikan selama periode kualifikasi Olimpiade asli akan dipertahankan di bawah daftar peringkat Race to Tokyo.

Periode kualifikasi Olimpiade yang diperpanjang akan diperkenalkan dari Minggu pertama hingga ke-17 pada 2021 dan mencakup sejumlah turnamen terpilih yang ditunda, dibatalkan, atau ditangguhkan karena COVID-19.

Turnamen yang memenuhi syarat ini dalam periode kualifikasi baru harus diselesaikan sampai Minggu ke-17 tahun 2021.

Turnamen dijadwal ulang untuk akhir tahun 2020 yang diuraikan dalam Kalender Turnamen BWF 2020 yang dirilis minggu lalu tidak akan diperhitungkan dalam kualifikasi.

Turnamen yang memenuhi syarat tersebut dalam periode kualifikasi baru ini sebaiknya dilakukan pada pekan yang sama dari tahun 2020 hingga 2021.

Jika ini tidak memungkinkan, BWF akan mengizinkan sanksi pada tanggal lain dalam Minggu 1-17 pada tahun 2021 dengan persetujuan.

Pemain dari China dan Hong Kong akan berhak mendapatkan poin dari Kejuaraan Beregu Asia 2021 karena perwakilan dari Asosiasi Anggota tersebut tidak dapat berpartisipasi dalam Kejuaraan Beregu Asia 2020 di Manila Februari lalu karena pembatasan perjalanan COVID-19 yang dikenakan pada atlet dari negara dan wilayah tersebut oleh Pemerintah Filipina.

Pendekatan ini hanya diterapkan untuk turnamen tim tunggal yang dipengaruhi oleh situasi COVID-19 karena tidak ada turnamen tim lain yang termasuk dalam periode kualifikasi Olimpiade yang diperpanjang. Namun, pemain ditawari berbagai turnamen individu untuk dimasuki.

Kalender Turnamen BWF 2021 yang direvisi dengan tanggal sebenarnya untuk turnamen yang memenuhi syarat ini akan diumumkan lebih lanjut kemudian.

Artikel Tag: BWF, World Tour, Pandemi Covid-19, olimpiade tokyo 2020

451  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini