Breaking News: BWF Hukum Atlet Bulutangkis Indonesia Seumur Hidup

Penulis: Yusuf Efendi
Jumat 08 Jan 2021, 14:45 WIB
BWF Hukum Seumur Hidup Tiga Pemain Indonesia Yang Terlibat Pengaturan Skor

Bulu tangkis/[Foto:AFP]

Berita Badminton : Federasi Badminton Dunia (BWF) mengatakan bahwa tiga pemain Indonesia telah dilarang dari semua kegiatan yang berhubungan dengan bulu tangkis seumur hidup setelah dinyatakan bersalah melakukan pelanggaran terkait pengaturan pertandingan, manipulasi pertandingan dan taruhan.

Lima pemain yang diketahui ketiganya, juga dinyatakan bersalah melanggar peraturan integritas badan pengaturan dan diskors antara enam hingga 12 tahun. Mereka masing-masing didenda antara $ 3.000 atau berkisar 45 juta rupiah dan $ 12.000 atau berkisar 180 juta rupiah.

Kedelapan pemain termasuk tiga dari Indonesia, yang berkompetisi di kompetisi internasional level rendah kebanyakan di Asia hingga 2019, untuk sementara diskors pada Januari 2020 setelah laporan whistleblower mendorong BWF untuk memulai penyelidikannya.

"Tiga dari mereka ditemukan telah berkoordinasi dalam pengaturan orang lain agar terlibat dalam perilaku tersebut dan telah diskors dari semua kegiatan terkait bulu tangkis seumur hidup," kata BWF dalam sebuah pernyataan.

Dikatakan mereka dapat mengajukan banding atas keputusan tersebut di Pengadilan Arbitrase Olahraga dalam waktu 21 hari.

Badan dunia juga mengatakan bahwa seorang warga negara Malaysia yang mewakili merek peralatan yang mensponsori pemain internasional juga terkena larangan seumur hidup setelah dinyatakan bersalah menawarkan uang kepada pemain internasional untuk memanipulasi pertandingan.

"Unit Integritas BWF telah menyelidiki individu tersebut selama beberapa tahun," kata federasi.

"Karena sifat pelanggaran dan akses dan pengaruh orang ini terhadap pemain yang disponsori perusahaannya, Panel Dengar Pendapat Independen menangguhkan individu tersebut dari aktivitas terkait bulu tangkis seumur hidup."

Persidangan untuk kedua kasus telah selesai akhir tahun lalu.

Artikel Tag: BWF, Indonesia, Pengaturan

29806  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini