Berikut Daftar Kompetisi Yang Merupakan Kualifikasi Olimpiade Paris 2024

Penulis: Yusuf Efendi
Minggu 11 Feb 2024, 02:00 WIB
Berikut Daftar Kompetisi Yang Merupakan Kualifikasi Olimpiade Paris 2024

Anthony Sinisuka Ginting-Viktor Axelsen/[Foto:PBSI]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Pada kejuaraan Olimpiade Paris 2024 mendatang, cabang bulu tangkis akan menawarkan total 172 tempat kuota, yang dibagi rata antara putra dan putri, mencerminkan sistem kuota Tokyo 2020.

Dari jumlah tersebut, 83 tempat kuota per jenis kelamin akan diperoleh melalui kualifikasi langsung, dengan satu tempat disediakan untuk negara tuan rumah dan dua untuk tempat universal.

Terdapat batasan maksimal delapan atlet per jenis kelamin dari Komite Olimpiade Nasional (NOC) yang sama yang diizinkan untuk berpartisipasi di Olimpiade Paris 2024.

Tidak seperti beberapa cabang olahraga yang memberikan tempat kepada atlet individu, Bulu Tangkis mengalokasikan semua tempat kuota kepada NOC.

Dalam nomor tunggal, NOC yang memiliki dua atau lebih atlet yang berada di peringkat antara 1 dan 16 dalam “Daftar Peringkat Paris” akan mendapatkan dua tempat kuota. Jika tidak, satu tempat kuota per NOC diperbolehkan.

Demikian pula di nomor ganda, NOC dengan dua atau lebih pasangan peringkat antara 1 dan 8 akan menerima dua tempat kuota (untuk empat atlet), sementara yang lain mendapatkan satu tempat kuota per NOC.

Jalur kualifikasi Olimpiade Paris untuk sektor tunggal “Daftar Peringkat Race to Paris” BWF akan menjadi jalur bagi 70 atlet, 35 di tunggal putra dan 35 di tunggal putri, untuk mengamankan kualifikasi ke Olimpiade Paris mendatang.

Tempat kuota ini akan menggabungkan Tempat Perwakilan Kontinental, memastikan minimal dua atlet dari masing-masing lima Konfederasi Kontinental BWF di setiap nomor tunggal.

Untuk lolos melalui jalur ini, para atlet harus berada di peringkat 250 teratas (1-250) dalam daftar Peringkat BWF Race to Paris per 30 April 2024. Jalur kualifikasi untuk nomor ganda Melalui “Daftar Peringkat Race to Paris” BWF per 30 April 2024, total kolektif 48 pasangan akan lolos ke nomor ganda Olimpiade, masing-masing 16 pasangan untuk putra, putri, dan ganda campuran.

Dalam event ini, akan ada perwakilan dari masing-masing lima Konfederasi Kontinental BWF, memastikan setidaknya satu pasangan dari setiap benua di setiap nomor ganda.

Bagaimana jalur kualifikasi bulu tangkis ke Paris 2024?

'Daftar Peringkat Race to Paris' tanggal 30 April 2024 akan digunakan untuk mengalokasikan tempat kuota atlet di tunggal putra dan putri, serta ganda putra, putri, dan ganda campuran. Setiap daftar akan didasarkan pada hasil yang dicapai selama periode 1 Mei 2023 hingga 28 April 2024.

Partisipasi dalam salah satu acara berikut akan dihitung dalam 'Daftar Peringkat Race to Paris' selama periode kualifikasi:

Piala Thomas & Uber Piala Sudirman

Kejuaraan Dunia

Turnamen tur BWF kelas 2 Level 1 hingga 6

Turnamen Tur Kontinental BWF Kelas 3 – Tantangan Internasional, Seri Internasional & Series Kejuaraan Kontinental (individu dan tim)

Kejuaraan Multi Olahraga Kontinental meliputi Pan American Games, European Games, dan African Games (jika disetujui selama periode kualifikasi).

Acara internasional lainnya yang disetujui oleh BWF dan dimasukkan sebelumnya dan dengan persetujuan BWF sebagai bagian dari Daftar Peringkat Dunia menuju Olimpiade Paris 2024.

Artikel Tag: Olimpiade Paris 2024, BWF, NOC

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/berikut-daftar-kompetisi-yang-merupakan-kualifikasi-olimpiade-paris-2024
596  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini