Belum Ada Pengganti, Gopichand Masih Akan Terus Latih Pemain India

Penulis: Yusuf Efendi
Jumat 15 Nov 2019, 20:04 WIB
Belum Ada Pengganti, Gopichand Masih Akan Terus Latih Pemain India

Pullela Gopichand/[Foto:Times of India]

Berita Badminton: Kepala pelatih Federasi Badminton India, (BAI), Pullela Gopichand, mengatakan bahwa ia akan terus melatih di lapangan karena para pemain membutuhkannya dan masih belum ada pelatih yang bisa menggantikannya.

"Yah, sejujurnya, alasan mengapa saya terus melatih dan saya terobsesi dengan hal itu juga karena saya belum punya ... Saya tidak melihat rencana suksesor saya datang dengan begitu mudah, itu sulit," kata Gopichand.

“Saya berharap, sekarang ... jujur, saya merasa itu seperti beban dan tanggung jawab. Saya tidak bisa melepaskan jenis (kinerja) yang telah kami raih dan para pemain membutuhkan saya dan itu menjadi beban internal,” ungkapnya.

Gopichand telah mengorbitkan para peraih medali Olimpiade termasuk Saina Nehwal dan juga PV Sindhu.

“Jadi dalam beberapa tahun terakhir, saya diam-diam berbicara kepada orang-orang. Dalam beberapa bulan terakhir, saya telah berbicara dengan pers sedikit keras tentang perlunya pendidikan pelatih, perlunya pelatih lokal untuk diberdayakan dan sistem untuk berada di sini. Ini adalah keinginan egois saya untuk beristirahat dan bersantai,” tambahnya.

Gopichand yang duduk tenang di tepi lapangan selama pertandingan cukup akrab dan dia mengungkapkan bahwa dia tidak pernah berniat untuk memberikan tekanan tambahan pada para pemain ketika mereka sudah di bawah tekanan.

“Ketika saya duduk di belakang pemain, saya secara sadar berpikir bahwa saya seharusnya tidak menambah tekanan kepada pemain. Dia sudah berada di level pressure, jadi Anda tidak ingin menambahkan sedikit lebih banyak ke tekanan itu," katanya.

Mengatakan bahwa menang dan kalah adalah bagian dari permainan, Gopichand mengatakan bahwa penting untuk menjaga keseimbangan ketika harus menunjukkan emosi.

“Jadi dalam sebuah turnamen, saya duduk dan saya memiliki 10 wakil yang bermain dan enam dari mereka kalah pada hari pertama, tiga dari mereka kalah pada hari kedua, jadi jika saya mulai merasa buruk dan sengsara setiap kali mereka kalah atau merasa bersemangat setiap kali mereka menang, maka itu tidak terlalu sehat bagi saya."

“Penting bagi saya selama bertahun-tahun untuk menyadari bahwa menang dan kalah terus terjadi dan itu tidak masalah dan itu adalah bagian dari pekerjaan Anda (sebagai pelatih). Jika Anda terlalu gembira ketika Anda menang, Anda akan merasa sangat buruk ketika Anda kalah, hanya untuk mengontrolnya dan menjaga keseimbangan itu, adalah sesuatu yang penting,” tegasnya.

Artikel Tag: Pullela Gopichand, PV Sindhu, saina nehwal, kidambi srikanth

521  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini