Baru Pensiun, Susy Susanti Beri Pujian untuk Tontowi Ahmad

Penulis: Yusuf Efendi
Selasa 19 Mei 2020, 23:00 WIB
Baru Pensiun, Susy Susanti Beri Pujian untuk Tontowi Ahmad

Tontowi Ahmad/[Foto:SinaSports]

Berita Badminton: Di mata Susy Susanti, Tontowi Ahmad adalah salah satu pemain ganda campuran paling menonjol di Indonesia.

Tontowi, pemain spesialis ganda campuran berusia 32 tahun, mengumumkan pensiun dari bulu tangkis kemarin (18/5). Dia dan mantan rekannya Liliyana Natsir telah bekerja sama sejak 2010 dan telah memenangkan 16 kejuaraan bergengsi di turnamen Badminton Dunia. Dia memenangkan gelar Kejuaraan Dunia dua kali pada 2013 dan 2017.

Pengumuman Tontowi telah menyebabkan sorotan besar di dunia bulu tangkis Indonesia, bahkan keputusannya untuk pensiun juga berarti bahwa dunia bulu tangkis telah kehilangan salah satu pemain ganda campuran terbaik.

Susy Susanti, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, mengatakan bahwa setiap atlet akan mengalami hari untuk pergi, dan Tontowi tidak terkecuali, tetapi dalam hatinya, Ia telah menjadi salah satu pemain ganda campuran terbaik di Indonesia.

Pada Olimpiade Rio 2016 di Brasil, Tontowi dan Liliyana berhasil mengalahkan pasangan Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying di final untuk memenangkan medali emas. Ini juga menjadi sorotan keduanya sebelum mereka pensiun.

"Setiap atlet pasti akan memiliki hari untuk mundur. Tontowi sangat menyadari hal ini. Setelah mempertimbangkan dan menganilis dengan cermat situasi dan tren saat ini, ia memutuskan pensiun pada saat sekarang," kata Susy Susanti, dikutip dari situs resmi PBSI.

Susy Susanti yang kini berusia 49 tahun, adalah sosok ikonis di dunia bulu tangkis Indonesia. Pada Olimpiade Barcelona 1992, ia dan Alan Budikusuma sama-sama memenangkan medali emas sektor tunggal dan menulis kisah pasangan suami istri "Golden Boy and Girl" yang memenangkan kejuaraan Olimpiade.

Susy Susanti mengatakan bahwa pensiunnya Tontowi pastilah merupakan kerugian besar, sebagai pemain veteran, ia telah menjadi panutan dan contoh bagi generasi baru.

"Tontowi adalah salah satu pemain ganda campuran paling menonjol di tim nasional. Disiplin dan tanggung jawabnya telah memungkinkannya untuk memenangkan kejuaraan yang tak terhitung jumlahnya dan rasa hormat dalam kariernya," katanya.

Dalam hal ini, Susy Susanti berharap bahwa generasi muda pemain Indonesia akan mengikuti dan belajar dari Tontowi, dan suatu hari akan mencapai prestasi dan level tertinggi seperti yang dialami Tontowi.

Artikel Tag: Susy Susanti, Tontowi Ahmad, Liliyana Natsir, PBSI

3367  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini