BAM Yakin Siap Move On Ditinggal Para Pemain Andalannya

Penulis: Yusuf Efendi
Sabtu 22 Jan 2022, 16:00 WIB
BAM Yakin Siap Move On Ditinggal Para Pemain Andalannya

Lee Zii Jia-Goh Jin Wei/[Foto:Badmintonplanet]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) siap “move on” tanpa pemain top negara itu, Lee Zii Jia selama dua tahun ke depan yang tak dapat membela tim nasional.

Kemarin, badan nasional mengambil sikap tegas dengan memutuskan untuk tidak mendaftarkan juara All England berusia 23 tahun itu untuk semua turnamen yang didukung Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), efektif pada 18 Januari 2022, karena dia meninggalkan tim nasional. sebelum waktunya.

Keputusan itu berarti karir Lee Zii Jia akan terpukul besar dan pemain peringkat 7 dunia itu akan tersingkir dari peringkat dunia BWF.

Dia bukan satu-satunya yang menghadapi konsekuensi untuk menjadi profesional karena pemain tunggal putri dan mantan juara dunia junior, Goh Jin Wei juga dihukum.

Dia juga dilarang berkompetisi di turnamen selama dua tahun, efektif sejak 31 Oktober tahun lalu. Juara dunia junior dua kali Jin Wei baru-baru ini mengumumkan niatnya untuk kembali secara kompetitif sebagai seorang profesional di bawah bendera KLRC meskipun telah mengumumkan pengunduran dirinya belum lama ini.

Tapi absennya Zii Jia yang pasti akan melemahkan tim nasional dan membahayakan upaya mereka untuk memperebutkan tempat podium di beberapa kejuaraan multi olahraga yang mencakup Asian Games Hangzhou, Birmingham Commonwealth Games dan SEA Games Vietnam.

Ada juga kejuaraan Piala Thomas dan Uber di Bangkok, di mana kualifikasi untuk dua turnamen tim dua tahunan bergengsi ini dijadwalkan akan diadakan di Shah Alam mulai 15-20 Februari.

Meski mengakui bahwa ini bisa menjadi kemunduran bagi stabilitas tim nasional, wakil presiden II BAM Datuk Seri Jahaberdeen Mohd Yunoos mengatakan mereka lebih suka melihat sisi baiknya.

“Jelas kami merasa sangat sedih karena cerita bulu tangkis Malaysia dalam beberapa tahun terakhir selalu tentang Lee Chong Wei,” kata Jahaberdeen.

“Kami telah berusaha sangat keras untuk membangun talenta baru dan kami telah menghasilkan talenta pemula atas nama Lee Zii Jia dan beberapa lainnya, dan kami ingin mereka menjadi contoh yang menginspirasi bagi orang lain.”

“Tetapi ketika hal ini terjadi (Zii Jia keluar dari tim nasional), BAM, sebagai badan pengatur, harus melakukan sesuatu. Kami harus pindah karena ada kebutuhan bagi kami untuk memastikan bahwa para pemain yang ada tidak putus asa, sponsor kami juga,’ ungkapnya.

“BAM jauh lebih besar daripada pemain tunggal mana pun. Pencarian untuk melatih pemain kelas dunia lainnya harus dilanjutkan. Ini bisa menjadi kemunduran sementara di satu sisi, sementara di sisi lain ini bisa menjadi waktu bagi pemain lain untuk menggantikan Zii Jia. Kita tidak bisa hanya melihat sisi negatifnya saja.”

Pintu, bagaimanapun, tidak sepenuhnya tertutup untuk Zii Jia dan Jin Wei karena mereka masih dapat mengajukan banding atas hukuman mereka.

BAM masih menyimpan harapan bahwa keduanya akan membuat keputusan terbalik seperti yang dilakukan mantan peraih medali perak Kejuaraan Dunia Junior Toh Ee Wei sebelumnya. Ee Wei keluar dari tim, dilarang berkompetisi tetapi kemudian, dia kembali ke tim nasional.

“BAM berbelas kasih dan kami siap menyambut kembali para pemain ini dengan tangan terbuka, jika mereka siap untuk mengajukan banding,” kata Jahaberdeen.

“Itu pernah terjadi di masa lalu dengan Toh Ee Wei (ganda campuran). Dia juga menghadapi sanksi dua tahun tetapi dia mengajukan banding dan kami menerimanya kembali.”

Artikel Tag: bam, Lee Zii Jia, Goh Jin Wei

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/bam-yakin-siap-move-on-ditinggal-para-pemain-andalannya
572  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini