BAM Tak Targetkan Para Pemain Gelar Juara

Penulis: Yusuf Efendi
Jumat 11 Jan 2019, 09:30 WIB
BAM Tak Targetkan Para Pemain Gelar Juara

Goh Soon Huat-Shevon Jemie Lai/[Foto:Thestar]

Berita Badminton : Mundurnya para pemain senior seperti Goh V Shem/Tan We Kiong dan Chan Peng Soon/Goh Liu Ying membuat Federasi Badminton Malaysia (BAM) hanya mengandalkan para pemain muda. Meskipun begitu, mereka tak akan membebani para pemain target juara dan lebih mementingkan proses untuk meningkatkan potensi dan kemampuan para pemain.

Untuk saat ini, para pemain senior yang menjadi andalan BAM diantaranya adalah Goh Soon Huat/Shevon Lai Jemie, Tan Kian Meng/Lai Pei Jing dan Ong Yew Sin/Teo Ee Yi. Namun pada akhirnya, fokus utama BAM adalah upaya untuk membimbing para pemain muda yang menjanjikan termasuk Lee Zii Jia, Leong Jun Hao, Goh Jin Wei, Aaron Chia/Soh Wooi Yik dan Chen Tang Jie/Peck Yen Wei untuk bisa menjadi pemain papan atas dunia.

Kepala pelatih tim nasional Malaysia, Wong Choong Hann meminta kesabaran dari para penggemar Malaysia saat ia memulai tugasnya untuk membangun skuat yang solid demi kejayaan tim nasional. Choong Hann bersedia memberi waktu para pemain antara enam hingga sembilan bulan untuk mengembangkan permainan, sebelum mengharapkan mereka untuk mulai memberikan hasil juara mulai dari kuartal ketiga ketika kualifikasi Olimpiade Tokyo dimulai.

"Saya pikir kami tidak bisa mengevaluasi para pemain semata-mata berdasarkan hasil saja," kata Choong Hann.

“Kami memang menetapkan target untuk para pemain. Masing-masing dari mereka memiliki tugas khusus untuk dicapai, terutama peningkatan pada bidang-bidang tertentu seperti skill dan kelancaran taktis," ungkapnya.

“Karena beberapa pemain masih melalui fase perkembangan, kami memantau kesuksesan mereka berdasarkan apakah mereka bergerak ke arah yang kami inginkan. Pada tahap ini, para pemain ini dikirim ke turnamen untuk mengukur posisi mereka. Mereka harus belajar dari kelemahan dan berlatih lebih keras ketika mereka kembali," Choong Hann menambahkan.

Choong menambahkan bahwa ia tidak ingin para pemainnya memberikan satu kali kejutan saja, melainkan konsistensi yang diharapkan dan terus menerus menghasilkan sesuatu yang positif.

“Jika para pelatih dan pemain bersatu dan tetap berpegang pada rencana, saya yakin para pemain kami akan dapat berkembang di kuartal ketiga tahun ini. Hanya dengan begitu, kami mengharapkan mereka memberikan hasil yang diinginkan," kata Choong Hann.

“Kami memiliki banyak pemain yang mengejutkan satu atau dua, tetapi kemudian mereka menghilang. Ini bukan yang kami inginkan. Apa yang kami tuju adalah untuk membangun pemain yang dapat menjadi penantang gelar dan mengalahkan rival top secara konsisten, dan akhirnya menjadi bagian dari jajaran para pemain terbaik dunia," tegas Choong Hann.

Artikel Tag: wong choong hann, lee chong wei, Lee Zii Jia

675  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini