Bakal Dapat Persaingan Keras Ke Olimpiade Tokyo, Lee Chong Wei Siap

Penulis: Yusuf Efendi
Selasa 12 Feb 2019, 16:00 WIB
Bakal Dapat Persaingan Keras Ke Olimpiade Tokyo, Lee Chong Wei Siap

Lee Chong Wei/[Foto:NST]

Berita Badminton : Lee Chong Wei terbiasa lolos ke Olimpiade sebagai pemain dengan peringkat tertinggi di Malaysia. Tapi itu mungkin tidak akan terjadi lagi. Pertarungan mungkin akan sangat sulit bagi Chong Wei untuk lolos ke Olimpiade Tokyo 2020, namun Chong Wei sudah siap untuk itu.

Mantan pemain nomor satu dunia itu absen cukup lama sejak dia didiagnosis menderita kanker hidung pada tahun lalu. Chong Wei mengharapkan persaingan kuat dari para pemain Malaysia lainnya seperti Lee Zii Jia dan Liew Daren, ketika dia bersiap untuk kembali ke turnamen kompetitif di Malaysia Open pada bulan April.

Indonesia Open pada Juli 2018 adalah kompetisi internasional terakhir Chong Wei dan bertengger di peringkat dua dunia. Namun sejak saat itu, ia terus merosot ke peringkat 30 dunia, dua tingkat di bawah Zii Jia (28 dunia) dan Daren Liew (29 dunia).

Suatu negara hanya dapat diwakili oleh dua pemain jika mereka berada di posisi 16 besar teratas dunia pada akhir periode kualifikasi satu tahun yang dimulai pada bulan Mei mendatang.

"Sangat adil bagi para pemain terbaik untuk lolos ke Olimpiade," kata Chong Wei kemarin (11/2) setelah dua jam latihan di Akademi Bulu Tangkis Malaysia (ABM) Bukit Kiara.

“Saya ingin mencoba dan lolos ke Olimpiade karena ini akan menjadi yang kelima kalinya saya di ajang olahraga terbesar dunia. Jika tidak, saya akan tetap bahagia karena saya telah bermain di empat edisi sebelumnya (2004, 2008, 2012 dan 2016)."

“Zii Jia dan Daren belum bermain di Olimpiade, jadi ini persaingan terbuka bagi siapa pun. Setiap orang memiliki peluang untuk lolos, kami tidak boleh meremehkan siapa pun," ungkap Chong Wei.

Chong Wei juga menyinggung pencapaian tim Malaysia di Olimpiade Rio 2016 lalu, di mana tak diunggulkan justru mampu meraih tiga medali perak.

“Pada Olimpiade sebelumnya (Rio de Janeiro), semua mata tertuju pada saya untuk bisa memberikan Malaysia medali, tetapi kami berakhir dengan tiga perak melalui Goh V Shem/Tan Wee Kiong (ganda putra) dan Chan Peng Soon/Goh Liu Ying (ganda campuran), tidak ada yang menduga hal itu."

“Olimpiade sangat berbeda, siapa pun bisa bermain dengan baik dan akan ada banyak kejutan. hanya saja jangan terlalu menekan pemain top. Sebenarnya, saya tahu semua orang sangat bersemangat tentang Olimpiade, tetapi saya pikir para pemain harus fokus pada kualifikasi terlebih dahulu. Kami bisa membicarakan target medali setelah itu” tambah Chong Wei, yang baru menjalani latihan di lapangan pertama kalinya pasa Senin (11/2).

Chong Wei diharapkan akan kembali ke turnamen kompetitif di Malaysia Open 2019 pada April mendatang.

“Saya sudah mengadakan janji dengan dokter saya di Taiwan bulan depan. Begitu saya mendapat lampu hijau darinya, maka saya akan kembali lagi, semoga di Malaysia Open," kata Chong Wei.

“Untuk saat ini, saya akan tetap pada jadwal latihan tiga kali seminggu dan lebih fokus pada pembangunan otot dan mendapatkan kepercayaan diri lagi," pungkasnya.

Artikel Tag: lee chong wei, Lee Zii Jia, Daren Liew, olimpiade tokyo 2020

613  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini