Atlet Junior Malaysia Ini Kecewa Gagal Tampil di Kejuaraan Dunia Tahun Ini

Penulis: Yusuf Efendi
Minggu 25 Okt 2020, 02:00 WIB
Atlet Junior Malaysia Ini Kecewa Kejuaraan Dunia Gagal Digelar Tahun Ini

Ong Ken Yon/[Foto:Thestar]

Berita Badminton: Sungguh akhir yang menyedihkan bagi aspirasi pebulutangkis Malaysia, Ong Ken Yon, untuk bermain di Kejuaraan Dunia Junior pertamanya.

Harapan pemain kelahiran Melaka berusia 18 tahun itu untuk melakoni debutnya di laga kejuaraan dunia yang rencananya digelar di Selandia Baru Januari mendatang, pupus setelah laga itu dibatalkan karena padatnya jadwal.

Tahun lalu dia gagal lolos tetapi sekarang dia tidak akan pernah bisa bersaing karena dia tidak akan memenuhi syarat untuk edisi berikutnya di Chengdu, China.

Ken Yon membuktikan dirinya sebagai kandidat yang layak untuk kejuaraan setelah finis ketiga di belakang Justin Hoh dan Jacky Kok dalam turnamen peringkat internal yang baru-baru ini diadakan di Stadion Juara di Bukit Kiara.

“Ini seharusnya menjadi Kejuaraan Dunia Junior pertama dan terakhir saya, tetapi sekarang, saya tidak akan pernah bisa mengalaminya,” kata Ong Ken Yon yang kecewa.

Dan dapat dimengerti jika pebulutangkis merasa sedih. Dia, bagaimanapun, telah berjuang mati-matian untuk mendapatkan tempatnya di tim nasional.

Ong Ken Yon tidak datang melalui sistem Federasi Badminton Malaysia (BAM) melainkan harus bekerja keras dua kali lipat sebagai pemain negara bagian. Dedikasinya terbayar pada tahun 2018 ketika ia mengalahkan semua pemain BAM untuk tampil sebagai juara U-16 putra di Final Grand Prix Junior Nasional 100Plus.

Itu segera membuatnya dipanggil ke tim junior nasional. Dia adalah salah satu pelopor untuk pertemuan dunia tahun lalu, tetapi sayangnya, dia tidak terpilih.

Tahun ini, dia membuktikan dirinya tetapi situasinya sedemikian rupa sehingga pertemuan junior dunia harus dibatalkan untuk pertama kalinya sejak didirikan pada tahun 1992.

"Rekan satu tim junior saya dan saya tidak beruntung, tetapi saya sangat mengerti mengapa keputusan ini harus dibuat," kata Ken Yon.

“Kesehatan kami yang utama dan saya tahu jadwalnya juga ketat tahun depan dengan begitu banyak turnamen. Kami hanya harus menerimanya,” kata Ong Ken Yon, yang akan dipromosikan ke jajaran senior tahun depan.

“Akan ada lebih banyak peluang di jajaran senior dan saya berharap untuk datang dengan baik,” tambahnya.

Para pemain muda Malaysia lainnya, yang berusia 18 tahun ini, dan akan absen pada pertemuan junior dunia adalah Jacky Kok (tunggal putra); Wan Mohd Arif Wan Junaidi-Mohd Haikal Nazri (ganda putra); Myisha Mohd Khairul (lajang putri); dan Low Yeen Yuan, Go Pei Kee, Valeree Siow (ganda putri dan campuran). Mereka semua pernah berkompetisi di junior dunia tahun lalu di Kazan tetapi tidak lolos ke babak awal.

Artikel Tag: junior, Ong Ken Yon, Malaysia

635  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini