Atlet Bulutangkis Ini Antusias Jadi Pembawa Bendera di Olimpiade Tokyo

Penulis: Yusuf Efendi
Kamis 08 Jul 2021, 12:00 WIB
Lee Zii Jia Antusias Jadi Pembewa Bendera Malaysia di Olimpiade Tokyo

Lee Zii Jia/[Foto:Thestar]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Pebulutangkis papan atas Malaysia Lee Zii Jia tidak bisa meminta alasan yang lebih baik untuk memperjuangkan podium dalam debutnya di Olimpiade Tokyo 2020.

Juara All England berusia 23 tahun itu akan menggantikan pemanah Khairul Anuar Mohamed sebagai pembawa bendera putra kontingen Malaysia dalam upacara pembukaan Olimpiade Tokyo pada 23 Juli.

Anggota dewan eksekutif Dewan Olimpiade Malaysia (OCM) kemarin memutuskan untuk memberikan kehormatan kepada Zii Jia setelah Khairul meminta untuk diganti. Khairul yang berusia 29 tahun dijadwalkan untuk bersaing di babak kualifikasi individu putra pada 23 Juli dan berpasangan dengan Syaqiera Mashayikh di acara beregu campuran keesokan harinya.

Dengan tidak tersedianya peraih medali perak Kejuaraan Dunia 2019 Khairul, Zii Jia dipandang sebagai pilihan terbaik untuk melakukan kehormatan dengan pebulutangkis spesialis ganda campuran, Goh Liu Ying.

OCM telah mengindahkan seruan Komite Olimpiade Internasional (IOC) untuk melepaskan diri dari tradisi dengan memilih atlet pria dan wanita sebagai pembawa bendera. IOC mengamandemen protokol tahun lalu untuk menunjukkan dukungan mereka terhadap perlakuan yang sama bagi kedua jenis kelamin.

Lee Zii Jia bersyukur telah terpilih dan mengatakan dia akan menikmati pengalaman pertamanya sebagai pembawa bendera untuk Olimpiade.

“Saya cukup terkejut ketika mengetahuinya. Saya tidak menyangka akan diberi peran sebesar ini untuk membawa Jalur Gemilang di panggung sebesar ini,” kata Zii Jia.

“Ini tentu merupakan kehormatan besar dan telah meningkatkan kepercayaan diri saya lebih jauh menjelang Olimpiade."

“Semoga semuanya berjalan lancar di Tokyo dan saya bisa meraih medali untuk membuat orang Malaysia bangga," tambah Zii Jia.

Kontingen nasional Malaysia di Olimpiade Tokyo akan diwakili oleh 30 atlet yang bertanding dalam 10 cabang olahraga yaitu panahan, atletik, bulu tangkis, bersepeda, menyelam, golf, senam, berlayar, menembak, dan berenang.

Artikel Tag: Lee Zii Jia, olimpiade tokyo 2020

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/atlet-bulutangkis-ini-antusias-jadi-pembawa-bendera-di-olimpiade-tokyo
723  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini