Apakah Turnamen Internal Bermanfaat Bagi Para Pemain?

Penulis: Yusuf Efendi
Selasa 18 Agu 2020, 17:00 WIB
Apakah Turnamen Internal Bermanfaat Bagi Para Pemain?

Goh V Shem-Tan Wee Kiong/[Foto:Thestar]

Berita Badminton : Kepala pelatih Federasi Badminton Malaysia (BAM) Wong Choong Hann memberikan acungan jempol untuk Kejuaraan Internal BAM. Dia percaya kompetisi internal yang diselenggarakan untuk menebus absennya turnamen internasional karena pandemi Covid-19, telah memenuhi tujuannya untuk meningkatkan keunggulan kompetitif para pebulutangkis.

“Saya pikir kami telah mencapai tujuan menjadi tuan rumah turnamen ini,” kata Choong Hann.

“Kami dapat melihat bahwa semua pemain sangat senang bisa kembali beraksi setelah berbulan-bulan dan menikmati diri mereka sendiri sepanjang minggu. Mereka tentu mengapresiasi peluang yang diberikan kepada mereka di turnamen ini, semuanya menunjukkan semangat juang yang luar biasa di setiap pertandingan,” ungkapnya.

Yang paling menyenangkan Choong Hann adalah penampilan yang menjanjikan dari beberapa pemain muda.

Turnamen ini mengalami beberapa gangguan besar, terutama di kompetisi tunggal putra dan ganda putra.

Ng Tze Yong yang berusia 20 tahun telah mengalahkan para pemain senior seperti Soong Joo Ven dan Cheam June Wei dalam perjalanannya menjadi juara tunggal putra, sementara Chang Yee Jun/Chia Wei Jie mencetak kemenangan menakjubkan atas peraih medali perak Olimpiade Rio, Goh V Shem/Tan Wee Kiong di babak penyisihan grup ganda putra.

“Beberapa pemain muda memang mengesankan. Itulah yang kami dorong untuk mereka lakukan selama ini, untuk bekerja keras dalam pelatihan dan mengambil kesempatan yang diberikan kepada mereka," katanya.

“Salah satunya adalah Tze Yong. Bukan para senior yang tampil buruk, tapi dia bermain cukup baik hingga membuat kejutan,” tambah Choong Hann.

Choong Hann juga mencatat bahwa bukan hanya para pemain tetapi juga para pelatih yang mendapat manfaat dari turnamen dua minggu tersebut.

“Para pemain mungkin tidak 100 persen siap berkompetisi dengan hanya memainkan satu turnamen ini tapi setidaknya para pelatih bisa melihat apa yang perlu dikerjakan,” kata Choong Hann.

“Melalui turnamen ini, para pelatih dapat menilai para pemain mereka dan sekarang dapat meninjau dan membuat penyesuaian yang diperlukan untuk program pelatihan mereka yang ada. Pelatih tidak mendapatkan semua masukan ini melalui sesi pelatihan saja, akan selalu ada titik buta," Choong Hann menjelaskan.

Artikel Tag: wong choong hann, Aaron Chia Hsin, Soh Wooi Yik, Goh V Shem, Tan Wee Kiong

614  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini