Ada Tiga Negara Asia Yang Diprediksi Kuasai Piala Uber Tahun Ini

Penulis: Yusuf Efendi
Sabtu 09 Okt 2021, 13:15 WIB
Ada Tiga Negara Asia Yang Diprediksi Kuasai Piala Uber Tahun Ini

An Se Young-Chen Yufei/[Foto:JPNN]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Kompetisi bergengsi Piala Uber 2021 telah dimulai kembali. Bisa dikatakan hanya tiga negara yang berpotensi membawa pulang gelar juara dari ajang beregu putri, dan semuanya adalah Asia: mereka adalah Jepang, sebagai juara bertahan, China, pemegang gelar terbanyak (14 kali), dan Korea, semifinalis dan juara 2010.

Jepang layak untuk ditempatkan di garis depan karena mereka memiliki lineup yang kuat di kategori tunggal. Pemain peringkat 5 dunia Akane Yamaguchi sedang on fire. Hal itu terbukti saat ia mengalahkan peraih medali emas Olimpiade 2020 asal China, Chen Yu Fei di final Piala Sudirman 2021 yang juga menjadi satu-satunya poin bagi Jepang saat kalah dari China 1-3. 

Pemain tunggal putri lainnya adalah Sayaka Takahashi (15) dan Aya Ohori (20). Jepang juga mendaftarkan Nozomi Okuhara, tetapi laporan mengatakan bahwa pemain nomor tiga dunia itu cedera.

Cedera membuat ganda peringkat 1 dunia, Sayaka Hirota/Yuki Fukushima tidak bisa mengikuti kompetisi. Hal ini membuat komposisi pemain Jepang tidak sekuat saat menjuarai Piala Uber 2018. Di babak penyisihan, mereka berada di Grup A bersama Indonesia, Jerman, dan juga Prancis.

Kekuatan yang berpotensi menggantikan posisi Jepang di tangga juara adalah Korea yang memiliki skuat ideal di tunggal dan ganda. Dalam single, mereka mengandalkan An Seyoung yang berusia 19 tahun (8 dunia), Kim Gaeun (16 dunia), dan Jeon Jui. 

Di ganda putri, mereka memiliki 2 ganda dari 10 besar dunia, Lee Sohee/Shin Seungchan (5 dunia) dan Kim Soyeong/Kong Heeyong (6 dunia). 

Negara lain yang bisa menantang gelar Piala Uber tahun ini adalah China. Keberhasilan menjuarai Piala Sudirman bersama tunggal putri dan ganda putri menjadi penyemangat bagi Piala Uber. Chen Yu Fei, peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 yang juga peringkat 2 dunia, akan memimpin di kategori tunggal bersama He Bing Jiao, peringkat 9 dunia, dan peringkat 18 dunia Wang Zhi Yi.

Ada juga kemungkinan bahwa poin tambahan di ganda akan datang dari pasangan peraih perak Tokyo 2020 Chen Qing Chen/Jia Yi Fan, yang juga merupakan bagian integral dari kemenangan Piala Sudirman 2021 mereka. China juga memiliki pasangan ganda peringkat 15 dunia, Li Wen Mei/Zheng Yu sebagai pasangan kedua. 

Salah satu negara yang harus diwaspadai adalah Thailand. Keberhasilan mereka mencapai final di tahun 2018 membuat mereka menjadi negara yang tidak bisa dipandang sebelah mata. 

Kecerdasan Rexy Mainaky, peraih emas ganda putra Olimpiade Atlanta 1996 asal Indonesia yang melatih tim Thailand, sempat membuat tim Thailand menjadi kejutan. 

Artikel Tag: China, jepang, korea, Piala Uber 2020

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/ada-tiga-negara-asia-yang-diprediksi-kuasai-piala-uber-tahun-ini
5443  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini