Kanal

Yuki Tsunoda Dinilai Tak Pantas Dapat Kursi di Formula 1

Penulis: Abdi Ardiansyah
19 Sep 2021, 23:45 WIB

Yuki Tsunoda

Berita F1: Eks pebalap F1, David Coulthard, menyebut Yuki Tsunoda tak pantas mendapatkan kursi untuk gelaran F1 musim depan karena rapor buruknya pada musim ini.

Yuki Tsunoda langsung mencuri perhatian banyak pihak karena sukses tampil memukau sepanjang tes pramusim hingga gelaran pembuka F1 2021. Pebalap asal Jepang itu berhasil finis di urutan kesembilan di GP Bahrain. Tentu saja hasil tersebut membuat ia mendapat kredit lebih tinggi daripada para rekannya yang merupakan sesama rookie, Mick Schumacher dan Nikita Mazepin.

Rupanya, performa impresif Tsunoda hanya berlangsung sesaat. Selepas putaran pertama, ia mencatatkan rapor yang fluktuatif dan berdampak besar pada kondisi mentalnya. Apalagi, pebalap berusia 21 tahun itu melihat tandemannya, Pierre Gasly, makin bersinar.

Meski beberapa kali berulah, AlphaTauri tetap memberikannya kepercayaan. Mereka membantu Tsunoda untuk bangkit dari keterpurukan dengan memindahkannya ke Italia dan menyusun berbagai program pengembangan karier untuknya.

Tak sampai di situ, kontrak Tsunoda juga diperpanjang oleh AlphaTauri. Sang pebalap yang semula ragu dengan kelanjutan kiprahnya di ajang balap mobil kelas utama mengaku terkejut dengan inisiatif tim yang punya hubungan dengan Red Bull Racing itu.

“Pada paruh pertama, saya sangat tidak stabil jadi saya kaget bisa bertahan di sini tahun depan. Karena, saya mengalami crash sepanjang waktu dan membuat mereka kehilangan uang,” kata Tsunoda dikutip dari Motorsport.com.

Mengetahui komentar yang diberikannya itu, eks pebalap F1, David Coulthard pun melontarkan kritikan pedas. Menurutnya ucapan Tsunoda tak pantas dikatakan oleh seorang pebalap.

“Seperti apa dunia yang dia tinggali? Saya kira, dia seharusnya mengepak tas dan pulang saja sekarang. Karena ini bukan pernyataan dari seorang pebalap,” tutur Coulthard

“Dia katakan, ‘Saya terkejut mereka memperbarui kontrak saya karena saya sering kecelakaan’. Dia tidak akan ada di Formula 1 mulai dari sekarang,” imbuhnya.

Namun, tak semua orang merespons pernyataan Tsunoda dengan respon negatif. Reporter F1, Tom Clarkson, justru melihatnya dari sisi positif.

“Meski dia bisa mengendalikan diri di trek, dia terlalu jauh dari Pierre sekarang. Tapi saya suka kejujurannya,” ucapnya.

“Ketika ditanya tentang perpanjangan kontrak untuk 2022, dia bilang, ‘Saya terkejut bahwa mereka memberi kontrak lagi.’,” ia melanjutkan.

Artikel Tag: Yuki Tsunoda, AlphaTauri, F1 2021

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru