Kanal

Yastremska Keluar Dari Australian Open Usai ITF Jatuhkan Keputusan Ini

Penulis: Dian Megane
24 Jan 2021, 10:18 WIB

Harapan Dayana Yastremska untuk tampil di Australian Open 2021 terhalang keputusan terbaru ITF

Berita Tenis: Dayana Yastremska secara resmi tidak akan berkompetisi di Australian Open musim 2021 setelah banding atas larangan sementara akibat kasus doping ditolak.

Petenis peringkat 29 dunia terbang menuju Melbourne dengan harapan bisa melakoni Grand Slam pertama pada musim ini, tetapi ia kini terpaksa harus keluar dari Grand Slam tersebut.

Sebelumnya, petenis berkebangsaan Ukraina mendapatkan hasil positif atas penggunaan substansi terlarang, metabolite mesterlone, tetapi diberikan kesempatan naik banding untuk larangan sementara yang dijatuhkan kepadanya, menjelaskan kenapa ia bisa melakukan penerbangan yang diorganisir Tennis Australia terlepas dari aturan ITF.

Menurut pedoman, para petenis yang dijatuhi larangan bertanding sementara tidak diizinkan untuk berpartisipasi dalam aktivitas yang diorganisir sebuah turnamen.

“Permohonan oleh Dayana Yastremska untuk mencabut penangguhan sementara yang dikenakan kepadanya pada 7 Januari 2021 berdasarkan Pasal 8.3.1 (c) Program Anti-Doping Tenis 2020 telah ditolak oleh Pimpinan Pengadilan Independen yang bersidang untuk mendengarkan kasusnya,”ungkap ITF dalam pernyataannya.

Sementara itu, petenis berkebangsaan Ukraina membantah telah melakukan hal yang salah dan menyatakan bahwa ia memiliki bukti ilmiah bahwa hasil tes positif yang didapatnya merupakan hasil yang terkontaminasi. Meski ia tidak menjelaskan lebih jauh tentang bukti tersebut.

“Metabolite mesterlone dengan kadar konsentrasi sangat rendah terdeteksi dalam urin saya,” tulis Yastremska dalam pernyataan yang ia rilis setelah beberapa waktu lalu mendapatkan larangan bertanding sementara.

“Mengingat konsentrasi yang rendah dan hasil tes negatif saya pada dua pekan sebelumnya, saya mendapatkan bukti secara ilmiah bahwa hasil tersebut mengandung beberapa hal akibat kontaminasi.”

Petenis berusia 20 tahun berada di antara 72 petenis yang harus menjalani karantina ketat di Melbourne setelah serangkaian kasus positif COVID-19 terdeteksi dari penerbangan yang mereka naiki menuju Melbourne.

Ia tidak diizinkan untuk meninggalkan kamar hotelnya selama 14 hari dan kini ia bahkan dilarang untuk memasuki Melbourne Park, venue Australian Open, berdasarkan keputusan teranyar.

Keputusan tersebut tentu menjadi kemunduran besar bagi petenis berkebangsaan Ukraina di awal musim 2021. Ia masih harus melihat apa yang akan terjadi selanjutnya dan apakah ia bisa naik banding lagi sebelum turnamen selanjutnya setelah Australian Open.

Setelah keputusan ITF tersebut, masih belum ada pernyataan resmi dari pihak Yastremska.

Artikel Tag: Tenis, australian open, Dayana Yastremska

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru