Kanal

Tontowi Ahmad Putuskan Pensiun Dari Bulu Tangkis

Penulis: Yusuf Efendi
27 Feb 2020, 14:30 WIB

Tontowi Ahmad-Liliyana Natsir/[Foto:PBSI]

Berita Badminton : Pebulutangkis senior spesialis ganda campuran asal Indonesia, Tontowi Ahmad memutuskan untuk keluar dari Pelatnas Cipayung pada bulan depan, yang bisa membuatnya pensiun sesegera mungkin.

Dilaporkan bahwa pemain berusia 32 tahun itu telah menyatakan niatnya kepada kepala pelatih ganda campuran PP PBSI, Richard Mainaky melalui pesan WhatsApp, tetapi belum secara resmi mengajukan pengunduran dirinya ke PBSI.

Salah satu alasan yang bisa mendorong Tontowi untuk berhenti adalah karena dia terus berjuang untuk menyamai hasil yang sama yang dia peroleh bersama dengan mantan pasangan sebelumnya, Liliyana Natsir, yang lebih dulu pensiun pada Januari tahun lalu.

Dalam delapan tahun kemitraannya dengan Liliyana, pasangan ini banyak meraih gelar prestisius dan yang paling diingat tentu saja saat memenangkan medali emas Olimpiade Rio 2016 lalu saat di final mengalahkan pasangan Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying. Mereka juga memenangkan dua gelar juara dunia di Guangzhou 2013 dan Glasgow 2017.

Tontowi/Liliyana telah menjadi batu sandungan bagi Peng Soon/Liu Ying saat mereka memenangkan 11 dari 12 pertemuan yang mereka lakoni.

Tontowi membentuk pasangan baru dengan pemain muda, Winny Oktavina Kandow awal tahun lalu dengan harapan lolos ke Olimpiade Tokyo. Tetapi pasangan itu tidak bisa menembus peringkat 15 dunia dan hanya menjadi pasangan ketiga dibelakang Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja.

Awal tahun ini Tontowi berpasangan dengan pemain spesialis ganda putri, Apriyani Rahayu dan menjalani debut di Indonesia Masters bulan lalu sebelum tersingkir di babak kedua saat kalah dari pasangan suami-istri asal Inggris, Chris Adcock/Gabrielle Adcock.

Artikel Tag: Tontowi Ahmad, apriyani rahayu, Liliyana Natsir, Pensiun

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru