Kanal

Tekuk Stefanos Tsitsipas, Novak Djokovic Sabet Gelar Masters ke-38 Di Roma

Penulis: Dian Megane
16 Mei 2022, 03:46 WIB

Novak Djokovic klaim gelar pertama musim 2022 di Roma

Berita Tenis: Petenis berkebangsaan Serbia, Novak Djokovic menutup pekan yang bersejarah di Italian Open, Roma musim 2022 dengan membawa pulang gelarnya.

Petenis peringkat 1 dunia berhasil menumbangkan petenis unggulan keempat, Stefanos Tsitsipas dengan 6-0, 7-6 di final Italian Open, sehingga koleksi gelar Masters 1000 miliknya bertambah menjadi 38 gelar.

Petenis unggulan pertama menjadi petenis putra kelima di Open Era yang mengantongi 1.000 kemenangan ketika ia mengalahkan petenis berkebangsaan Norwegia, Casper Ruud di semifinal dan ia melanjutkan kemenangan tersebut dengan performa penuh perjuangan melawan petenis berkebangsaan Yunani, Tsitsipas demi mengklaim gelar pertama pada musim ini setelah 1 jam 37 menit.

Petenis peringkat 1 dunia tampil dominan di set pertama, sebelum ia memperlihatkan mentalitas juara di set kedua yang berlangsung lebih kompetitif. Hal tersebut terlihat ketika ia bangkit dari kedudukan 2-5 sebelum menjadi juara Italian Open tertua dengan menginjak usia 34 tahun 11 bulan 23 hari.

“Saya bisa mengatakan saya mengejutkan diri saya sendiri. Saya memiliki rencana permainan yang jelas dan saya tahu apa yang saya bisa perkirakan. Jadi, saya tahu apa yang harus saya lakkan, tetapi saya memainkan set pertama yang sempurna,” seru Djokovic.

“Setelah itu, pertandingan sedikit lebih ketat. Di level itu, satu atau dua poin bisa membalikkan keadaan, lalu ia bangkit dan unggul dengan 4-1.”

“Pertandingan bisa saja dengan mudah memasuki set ketiga, tetapi saya berhasil menemukan pukulan yang tepat di waktu yang tepat untuk kembali bangkit. Di babak tiebreak, saya mungkin satu inci lebih baik, tetapi itu babak tiebreak yang sengit bagi kami berdua.”

Petenis berkebangsaan Serbia musim ini tampil di final Italian Open untuk kali keempat secara beruntun dan kini ia menjuarainya sebanyak enam kali dengan kemenangan pertama terjadi pada musim 2008.

“Beberapa hari lalu saya bermain dengan luar biasa. Saya telah membangun performa saya dalam beberapa pekan terakhir dan saya tahu bahwa performa terbaik saya di clay-court biasanya muncul ketika di Roma. Jadi, tidak ada hal yang lebih baik daripada menuju French Open dengan sebuah gelar,” lanjut Djokovic.

Petenis unggulan pertama kini mengalahkan juara Monte Carlo Open musim 2022, Tsitsipas secara beruntun di Roma setelah ia mengandaskan petenis unggulan keempat di perempatfinal musim 2021. Dengan kemenangan kali ini, petenis berkebangsaan Serbia semakin unggul dalam head to head mereka dengan 7-2, termasuk 5-0 di turnamen clay-court.

Pekan lalu, ia lolos ke semifinal di Madrid dan semakin jauh membangun momentum di Roma. Ia tidak kehilangan satu set pun dalam perjalanan menuju final dengan memetik kemenangan atas Aslan Karatsev, Stan Wawrinka, Felix Auger Aliassime, dan Ruud.

Berkat kemenangan atas Tsitsipas, Djokovic kini mencatatkan 232-106 melawan petenis peringkat 10 besar. Tidak ada petenis putra lain yang memenangkan sebanyak itu melawan petenis peringkat 10 besar sejak 1973.

Artikel Tag: Tenis, Italian Open, Novak Djokovic, Stefanos Tsitsipas

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru