Kanal

Rins: Ban Baru Michelin Buat MototGP 2020 Jadi Musimnya Suzuki dan Yamaha

Penulis: Abdi Ardiansyah
27 Feb 2020, 20:20 WIB

Alex Rins, Suzuki Ecstar MotoGP.

Berita MotoGP: Pebalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, mengakui bahwa ban baru Michelin banyak memberikan dampak positif bagi timnya. Rins pun yakin bakal meraih hasil apik di musim ini.

Michelin memperkenalkan ban bekalang baru untuk seri MotoGP 2020 yang memiliki spesifikasi yang jauh berbeda dengan musim sebelumnya. Dengan durabilitas yang tinggi, ban tersebut berpengaruh positif ke peforma dan handling.

Suzuki dan Yamaha disinyalir menjadi tim yang paling diuntungkan dengan ban anyar tersebut. Kedua tim itu memang mengandalkan kecepatan di tikungan. Selama tes berlangsung dari tanggal 22-24 Februari, pebalap dari Yamaha dan Suzuki mampu melesat jauh untuk mencatatkan waktu terbaik.

Sebelumnya, kedua tim itu dituding mendapat manfaat lebih dari ban Michelin keluaran 2020 tersebut. Pernyataan tersebut seakan terbukti benar setelah rata-rata rider Suzuki dan Yamaha bercokol di urutan top six.

Para penggawa Yamaha, Maverick Vinales, Franco Morbidelli, dan Fabio Quartararo berhasil melaju kencang di posisi pertama sampai ketiga dalam perolehan waktu lap terbaik selama 3 hari.

Sementara catatan waktu terbaik juga diikuti duo rider Suzuki, Alex Rins dan Joan Mir yang menduduki di urutan keempat dan keenam. Satu-satunya yang menjadi pesaing di antara mereka hanya Jack Miller dari Ducati di posisi kelima.

Ban belakang yang memiliki grip lebih besar dan tahan lama ini dinilai menguntungkan Yamaha dan Suzuki yang mengandalkan cornering speed. Kelebihan Yamaha dan Suzuki memang lebih dalam hal tikungan lantaran menggunakan mesin in-line4.

Mesin tersebut memiliki kelebihan dalam hal tikungan, sedangkan Ducati dan Honda mengandalkan mesin V4 yang unggul ketika melaju di lintasan lurus.

Kelebihan ban tersebut diakui oleh Alex Rins lantaran membawa dampak baik bagi timnya.  Rider andalan Suzuki ini bahkan sesumbar bahwa 2020 adalah tahun bagi Suzuki dan Yamaha.

"Ini bisa menjadi tahun yang tepat untuk motor dengan (kelebihan) corner speed, seperti Yamaha dan Suzuki. Kami ingin lebih meningkatkan area itu. Michelin memberi kami ban yang mempunyai kinerja hebat dan tahan lama," ungkap Rins seperti dilansir dari GPOne.

Artikel Tag: Alex Rins, motogp 2020, Suzuki, yamaha

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru