Kanal

Profil Anmol Kharb, Pahlawan India di Kejuaraan Beregu Asia 2024

Penulis: Yusuf Efendi
22 Feb 2024, 00:00 WIB

Anmol Kharb/[Foto:Sportstars]

Berita Badminton : Anmol Kharb menjadi nama yang sedang menjadi headline di dunia bulu tangkis belakangan ini. Pemain ajaib berusia 17 tahun dari Haryana memainkan peran penting dalam mengamankan kemenangan medali pertama tim putri India di Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Beregu 2024, mengalahkan lawan berperingkat lebih tinggi dari Tiongkok dan Jepang dalam pertandingan tunggal yang mendebarkan.

Berikut lima fakta yang perlu diketahui tentang sensasi muda yang siap menjadi bintang bulutangkis India berikutnya

Terinspirasi oleh Saina Nehwal dan kakaknya, Anmol Kharb mulai bermain bulu tangkis pada usia enam tahun

Dia mulai bermain bulutangkis pada usia enam tahun, terinspirasi oleh kakak laki-lakinya dan idolanya Saina Nehwal. Anmol Kharb lahir di Faridabad pada Januari 2007, hampir setahun setelah superstar India Saina Nehwal menjadi juara nasional U19 yang baru. Sania Nehwal adalah inspirasinya, dan ia berharap bisa bermain di sirkuit internasional seperti idolanya.

Dia juga mulai bermain bulu tangkis setelah menonton kakaknya Hardik bermain. Namun ketika dia memutuskan untuk berkonsentrasi pada studinya, Anmol memutuskan untuk mencoba menjadi sukses dalam olahraga ini. Dia pindah ke Sunrise Shuttlers Academy di Noida, dengan ibunya Rajbala yang tetap menjadi pilar dukungannya.

Anmol Kharb memenangkan gelar nasional pertamanya pada usia 12 tahun dan melakukan debut seniornya pada usia 14 tahun

Dia memenangkan gelar nasional pertamanya pada usia 12 tahun dan melakukan debut seniornya pada usia 14 tahun. Pada tahun 2019, saat masih berusia 12 tahun, Kharb memenangkan gelar Peringkat U17 All India pertamanya di Hyderabad dan mencapai semifinal Senior All India Turnamen pemeringkatan di Visakhapatnam. Dia juga melakukan debut internasionalnya di Dutch Junior International, di mana dia mencapai pra-perempat final. Pada tahun yang sama, ia terpilih untuk skema Khelo India, yang memberikan bantuan keuangan dan pelatihan kepada para atlet muda.

Dia adalah pemain serba bisa yang unggul di tunggal dan ganda

Dia adalah pemain serba bisa yang unggul di tunggal dan ganda. Kharb telah menunjukkan kehebatannya di nomor tunggal dan ganda, memenangkan gelar dan medali di kedua kategori. Pada tahun 2020, ia memenangkan gelar tunggal dan ganda U17 di Sub-Junior Nationals, bermitra dengan Vennala K dari Telangana di gelar terakhir. Dia juga mencapai babak pra-perempat di Kejuaraan Junior Asia dan perempat final di Kejuaraan Dunia Junior, keduanya di nomor tunggal. Ia memiliki pukulan smash yang kuat, drop yang menipu, dan jangkauan lapangan yang baik, menjadikannya lawan yang tangguh bagi siapa pun.

Melakukan kejutan menakjubkan atas pemain berperingkat lebih tinggi dari Tiongkok dan Jepang di Kejuaraan Beregu Bulu Tangkis Asia

Anmol Kharb memberikan kejutan luar biasa atas pemain berperingkat lebih tinggi dari Tiongkok dan Jepang di Kejuaraan Beregu Bulu Tangkis Asia 2024. Kharb adalah pemain bintang India di Kejuaraan Beregu Bulu Tangkis Asia, yang juga menjadi turnamen kualifikasi Asia untuk Piala Thomas & Uber 2024 di Tiongkok.

 Dia mengalahkan peringkat 149 dunia Wu Luo Yu dari Tiongkok 22-20, 14-21, 21-18 untuk mengamankan kemenangan 3-2 bagi India di babak penyisihan grup. Dia kemudian mengulangi aksi heroiknya di semifinal melawan Jepang, mengalahkan peringkat 29 dunia Natsuki Nidaira 21-14, 21-18 pada pertandingan kelima yang menentukan untuk memastikan penampilan final pertama bagi India dalam sejarah turnamen.

Dia berada di peringkat 472 dunia tetapi diperkirakan akan meningkat pesat setelah eksploitasinya baru-baru ini

Anmol Kharb berada di peringkat 472 dunia tetapi diperkirakan akan meningkat pesat setelah prestasinya baru-baru ini di Kejuaraan Beregu Bulu Tangkis Asia. Dia diharapkan mendapatkan poin peringkat dan kepercayaan diri yang berharga dari kemenangannya atas pemain berperingkat lebih tinggi. Dia juga kemungkinan akan mendapatkan lebih banyak eksposur dan peluang untuk bermain di turnamen yang lebih besar, di mana dia dapat menunjukkan bakat dan potensinya. Dia telah menyatakan ambisinya untuk mewakili India di Olimpiade dan memenangkan medali untuk negaranya.

Artikel Tag: Anmol Kharb, India, saina nehwal

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru