Kanal

Pitstop Jadi Penyebab Lando Norris Gagal Rengkuh Podium di Silverstone

Penulis: Abdi Ardiansyah
24 Jul 2021, 23:45 WIB

Lando Norris

Berita F1: Bos McLaren, Andreas Seidl mengungkapkan bahwa kegagalan Lando Norris finis tiga besar pada GP Inggris akhir pekan lalu diakibatkan oleh masalah saat pitstop.

Setelah berhasil menyalip Valtteri Bottas saat restart balapan GP Inggris, Lando Norris berada di urutan ketiga saat melakukan pitstop. Namun pebalap Inggris itu kehilangan posisinya karena menghabiskan waktu hingga empat detik untuk mengganti ban.

Usai balapan berakhir, Bos McLaren, Andreas Seidl menjelaskan bahwa kejadian tersebut diakibatkan oleh masalah pada peralatan mereka. Norris saat itu mengalami masalah dengan mur roda, untungnya bisa dilepaskan meski harus menghabiskan banyak waktu. Namun itu jauh lebih baik jika dibandingkan dengan yang dialami Bottas di GP Monako.

“Itu adalah kru yang sama seperti biasa dan itu adalah masalah perangkat keras yang kami alami. (Itu) tidak ada hubungannya dengan kinerja kru, yang melakukan pit stop yang bagus terutama dalam dua bulan terakhir ketika kami membuat langkah maju yang baik,” kata Seidl dilansir dari Crash.

“(Itu) adalah masalah perangkat keras dengan mur roda ulir silang, sesuatu yang belum pernah kami lihat selama beberapa waktu sehingga kami perlu menganalisis dengan tepat apa yang terjadi di sana, menganalisis bagian-bagiannya dan memastikan itu tidak terjadi lagi,” ia menjelaskan.

“Tetapi berkat semua pelatihan yang dilakukan kru, itu berarti pit stop yang tertunda tetapi bukan pit stop yang membawa bencana seperti yang telah kita lihat di masa lalu. Tentu saja kami tidak ingin itu terjadi, tetapi jika itu terjadi setidaknya itu aman dan memungkinkan kami untuk tetap berada dalam balapan,” lanjutnya.

Meski Lando Norris bisa mendahului Fernando Alonso untuk mengklaim posisi keempat, pebalap berusia 21 tahun itu merasa dirinya mampu mendapatkan hasil yang jauh lebih baik.

“Itu masih balapan yang sangat bagus di penghujung hari, saya masih P4 di balapan kandang saya, dan itu hasil yang bagus dari posisi keenam kemarin. Hanya di sini, saya hanya ingin sedikit lebih banyak,” tutur Norris.

“Saya bertahan di urutan ketiga untuk seluruh tugas pertama, jadi kami memiliki kecepatan untuk menahan (Mercedes), tidak harus mengejar mereka dan melakukan hal lain. Tapi karena pit stop, saya tidak mendapat kesempatan untuk berada di depan dan bertahan selama mungkin,” ungkapnya.

"Akan menyenangkan untuk memperjuangkannya dan memiliki kesempatan itu, tetapi posisi keempat dan kelima bagi kami sebagai tim masih merupakan hasil yang bagus,” imbuh Norris.

“Keempat masih merupakan hasil yang sangat bagus bagi kami, jadi bukan berarti saya benar-benar kesal. Saya hanya kesal karena saya tidak mendapatkan kesempatan untuk bertarung dan menampilkan pertunjukan yang bagus dan setidaknya bertarung dan balapan,” tukasnya.

Artikel Tag: lando norris, McLaren, F1 2021, GP Inggris

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru