Kanal

Pep Guardiola Dituding Meniru Strategi Transfer Ferguson

Penulis: Demos Why
04 Apr 2020, 11:30 WIB

Pep Guardiola (Foto: Glyn Kirk/AFP via Getty Images)

Berita Sepakbola: Legenda Manchester United, Gary Neville, menilai kesuksesan Pep Guardiola sebagai seorang manajer berkat strategi transfernya yang jitu. Neville bahkan menuding Guardiola menjiplak cara Sir Alex Ferguson.

Selama ini Guardiola dikenal sebagai seorang manajer top yang berhasil meraih kesuksesan luar biasa di dunia sepakbola. Pasalnya saat menangani Barcelona, Bayern Munich, dan Manchester City mampu merengkuh berbagai trofi bergengsi.

Namun Neville menilai kesuksesan Guardiola sebagai manajer tak terlepas dari strategi transfer yang digunakannya. Bahkan Neville menuding Guardiola sengaja meniru strategi Ferguson. Sebab manajer asal Catalan itu lebih senang mengembangkan pemain muda yang berasal dari akademi klub ketimbang membeli pemain yang siap pakai.

Ferguson sendiri pernah melakukan hal serupa saat menangani Manchester United dengan mengorbitkan beberapa pemain muda seperti Wayne Rooney, Cristiano Ronaldo, hingga Nemanja Vidic.

"Sir Alex Ferguson memiliki tiga tahapan dalam karier manajerialnya. Pertama, kebijakan dia untuk mempromosikan pemain muda sebelum melihat kemungkinan di pasar eksternal. Kedua, melihat potensi terbaik di Liga Inggris yang masih bisa dia percaya serta masih memiliki pertumbuhan dan bersama klub untuk waktu yang lama," ujar Neville dilansir dari Daily Star.

"Selain itu, dia juga selalu mencari bakat internasional yang bisa didatangkan ke Manchester, bisa bekerja dengannya serta berkembang untuk menjadi pemain hebat. Contohnya Nemanja Vidic, Peter Schmeichel, Patrice Evra, Cristiano Ronaldo, Ole Gunnar Solskjaer."

"Dia [Fergie] jarang sekali mendatangkan pemain siap pakai, dan hal itu juga sama seperti taktik yang diterapkan oleh Pep Guardiola bersama Mancehster City saat ini. Jika ada pemain yang terpaksa disingkirkan, maka pemain itu dianggap tampil tak cukup baik atau mempertanyakan terkait kepemimpinannya. Dia sangat kejam dalam urusan hal itu," pungkasnya.

Artikel Tag: Pep Guardiola, Manchester City, Sir Alex Ferguson, Manchester United

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru