Kanal

Nikita Mazepin Dipilih Haas karena Alasan Ini

Penulis: Senja Hanan
17 Jan 2021, 18:03 WIB

Pebalap Haas, Nikita Mazepin.

Berita F1:Bos Haas, Guenther Steiner akhirnya membocorkan alasan memilih Nikita Mazepin. Dia mengutarakan bahwa salah satu alasannya adalah karena uangnya.

Pernyataan ini disampaikan Steiner sehubungan dengan video Mazepin meraba dada seorang wanita di dalam sebuah mobil yang dimuat di media sosial sang pembalap.

Nikita Mazepin mendapat kecaman atas tindakan tersebut namun Haas hanya melakukan pemeriksaan internal tanpa memberikan sanksi apapun. Mudah saja bagi publik untuk menghubungkan sikap Haas atas Mazepin dengan penyumbang terbesar untuk tim tersebut yang merupakan ayah sang pebalap, Dmitry Mazepin.

"Kami membangun nama Haas di F1, kini kami dikenal dan kami butuh rekan bisnis. Jika Anda menambahkan (nama rekan bisnis) ini bahwa Dmirty Mazepin punya perusahaan dan bergabung sebagai sponsor, mengapa tidak?” kata Steiner.

Steiner juga mengatakan bahwa jika dia harus memilih antara dua pembalap bagus namun hanya satu yang memiliki dukungan finansial, maka ia akan mengambil yang memiliki dukungan finansial. Hal tersebut terbukti pada keputusan Haas memilih Mazepin.

“Jika seseorang (punya skill membalap) yang bagus dan punya dukungan finansial, tentu saja dia punya lebih banyak kemungkinan dari yang lain, yang juga bagus, tetapi tidak punya sumbangan seperti itu,” kata Steiner. “Mengapa memilih orang yang tidak punya dukungan.”

Dalam kasus video Mazepin, Haas kini berada dalam anggapan bahwa “uang” bisa mengalahkan syarat perilaku yang diwajibkan sebagai pembalap F1. Steiner membela pembalap berusia 21 tahun tersebut dengan mengatakan bahwa Mazepin masih muda dan akan berubah seiring berjalannya waktu.

“Dia tahu bahwa apa yang dia lakukan tidak benar, dia adalah pria muda yang butuh bertumbuh, kami harus membantunya jadi dia punya peluang untuk belajar. Jadi dia akan mampu berkonsentrasi pada kariernya dan kami akan memastikan bahwa dia tidak mengulangi hal yang dia lakukan,” kata Steiner.

Banyak pihak menganggap tindakan Mazepin meraba dada seorang perempuan dan memuatnya di media sosial untuk menarik perhatian dalam persaingan dengan rekan setimnya yang juga sama-sama menjalani debut di F1, Mick Schumacher.

Mick sudah menjadi pembicaraan semasa ia masih menjadi pebalap uji coba Ferrari dalam dua tahun terakhir tak lain karena ia adalah putra legenda F1, Michael Schumacher.

Artikel Tag: Nikita Mazepin, Haas Tim F1

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru