Kanal

Max Verstappen Dinilai Punya Kemiripan dengan Marquez dan Schumacher

Penulis: Abdi Ardiansyah
18 Jan 2022, 17:50 WIB

Max Verstappen

Berita F1: Eks pebalap F1, Karun Chandok, melihat Max Verstappen memiliki mental kuat seperti Marc Marquez dan gaya balap agresif menyerupai Michael Schumacher.

Max Verstappen membuat semua orang terkagum-kagum dengan penampilannya sepanjang kejuaraan F1 2021. Ia pun berhasil menjadi kampiun musim lalu sekaligus mematahkan dominasi Lewis Hamilton.

Eks pebalap F1, Karun Chandhok, percaya terdapat banyak kesamaan antara Max Verstappen dan pebalap MotoGP, Marc Marquez. Keduanya sama-sama berdebut di kelas tertinggi motorsport saat masih belia. Mereka juga memiliki rapor impresif dalam hal merengkuh podium dan memenangkan balapan.

Verstappen dan Marquez pun mampu mengatasi tekanan yang dialaminya sepanjang musim untuk menyabet gelar juara dunia.

“Bagi saya tidak ada keraguan, Max (Verstappen) pantas menjadi juara dunia (F1). Dia finis pertama atau kedua dalam 18 dari 19 race (yang diselesaikannya), rekor konsistensi performanya luar biasa, terutama mengingat dia adalah seorang pemuda berusia 24 tahun yang berada di bawah tekanan dalam duel gelar pertamanya,” kata Chandhok, dilansir dari Motorsport.com.

“(Penampilan) di Zandvoort (Grand Prix Belanda) jadi highlight karena itu adalah race kandang yang pada dasarnya bersatu untuknya. Saya belum pernah melihat balapan di mana 99 persen penonton bersorak mendukung satu pebalap. Media penuh cerita soal Max, bahkan Keluarga Kerajaan (Belanda) mengantri untuk menjabat tangannya,” jelasnya.

“Dalam dua kesempatan saya kebetulan berjalan di sampingnya, di paddock, kami mengobrol dan (dia) sangat santai. Kemampuannya yang fenomenal untuk mengatasi tekanan di usia yang begitu muda mengingatkan saya pada bintang MotoGP, Marc Marquez,” pria asal India itu mengimbuhkan.

Pada musim 2021, Max Verstappen sempat mendapat banyak kritikan keras karena pertahanannya yang terlalu agresif. Namun Karun Chandhok menilai tidak ada yang salah dengan hal tersebut. Analis berusia 37 tahun itu pun menyebut gaya balapnya seperti sang legenda F1, Michael Schumacher. 

“Ya, dia selalu menghadapi duel wheel-to-wheel dengan keras, kadang nyaris melewati batas, bahkan di Monza (Grand Prix Italia) dan Jeddah (Grand Prix Arab Saudi) dia sudah melewati batas. Tetapi dia punya gaya balap tanpa kompromi seperti Michael Schumacher,” Chandhok mengungkapkan.

“FIA (Federasi Otomotif Internasional) sekarang perlu mendefinisikan kembali aturan karena sangat terlihat, seperti yang terjadi di Brasil dan Abu Dhabi, ada ketidakjelasan di sekitarnya,” ia menambahkan.

“Secara keseluruhan, dalam hal konsistensi, baik Max maupun Lewis (Hamilton) mencapai tolok ukur yang jarang terlihat dalam sejarah Formula 1 dan saya berharap untuk kembali melihat persaingan berlanjut pada 2022,” tutupnya.

Artikel Tag: Max Verstappen, Marc Marquez, Michael Schumacher, F1 2022

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru