Kanal

Marc Marquez Terancam Pensiun, Ini Komentar Valentino Rossi  

Penulis: Abdi Ardiansyah
06 Des 2021, 15:05 WIB

Valentino Rossi dan Marc Marquez

Berita MotoGP: Valentino Rossi memberikan nasihat kepada mantan rivalnya, Marc Marquez, yang diisukan bakal pensiun dari MotoGP karena mengalami gangguan penglihatan.

Seperti diketahui, Marc Marquez mengalami gangguan penglihatan setelah mengalami kecelakaan saat berlatih dengan motorcross bulan Oktober lalu. Akibatnya rider asal Spanyol itu absen dari gelaran MotoGP Algarve dan MotoGP Valencia. Ia pun diprediksi bakal segera gantung helm karena kondisinya tersebut.

Ketika mengetahui fisik mantan rivalnya itu kurang sehat, Valentino Rossi lantas memberi nasihat. Rider berjuluk The Doctor itu menilai ada baiknya Marquez maupun para pebalap lain untuk memiliki rasa takut saat sedang melakukan balapan. Sebab, jika tidak, mereka bisa saja tertimpa nasib buruk.

Rossi tentunya tak asal sembarangan bicara karena sudah berkarier di kejuaraan dunia balap motor selama 25 tahun (1996-2021). Ia diketahui beberapa kali mengalami patah kaki, salah satunya saat mentas di latihan bebas kedua MotoGP Italia 2010. Akibatnya, rider berusia 42 tahun itu melewatkan empat balapan berikutnya.

Di sisi lain, Marc Marquez dikenal sebagai seorang pebalap yang punya keberanian tinggi. Sejumlah manuver ekstrem dilakukan pebalap Repsol Honda itu demi meraih kemenangan.

Ia bahkan pernah nekat balapan setelah mengalami patah lengan di seri pembuka MotoGP 2020 di Sirkuit Jerez. Rekan setim Pol Espargaro itu ngotot ingin tampil di gelaran selanjutnya yang dilangsungkan di trek yang sama sepekaan berselang.

Karena terlalu memaksakan diri, Marquez akhirnya mengalami cedera parah. Cedera tersebut membuat ia menepi selama sembilan bulan lamanya.

“Kami melakoni olahraga (balapan) yang berbahaya. Bagi kami, rasa takut sangat penting. Sangat penting untuk memahami batasnya. Yang terbaik adalah mereka yang berhasil menembus batas tanpa pernah melebihinya,” kata Valentino Rosssi mengutip dari Tuttomotoriweb.

“Membalap tanpa rasa takut itu tidak baik. Ketika Anda terlalu bersemangat (tampil tanpa takut), cepat atau lambat sesuatu yang tidak benar akan menimpa Anda,” ia menambahkan.

“Saya berbicara berdasarkan pengalaman saya. Saya mempelajarinya secara langsung,” tutup Valentino Rossi yang memegang Sembilan gelar juara dunia di semua kelas,” tukasnya.

Artikel Tag: Marc Marquez, Valentino Rossi, MotoGP 2021

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru