Kanal

Manfaatkan Kekacauan di GP Azerbaijan, Pierre Gasly Sukses Finis Ketiga

Penulis: Abdi Ardiansyah
07 Jun 2021, 18:45 WIB

Pierre Gasly

Berita F1: Pierre Gasly, pebalap AlphaTauri, berhasil tampil impresif dan finis di urutan ketiga saat balapan di GP Azerbaijan yang berlangsung dalam situasi kacau.

Pierre Gasly (AlphaTauri-Honda) berhasil mengklaium podium ketiga di GP Azerbaijan yang berlangsung di Baku City Circuit, Minggu (6/6/2021). Seusai kecelakaan yang menimpa pemimpin balapan, Max Verstappen (Red Bull Racing-Honda), Gasly berada di posisi keempat di belakang Sergio Perez (Red Bull Racing-Honda), Lewis Hamilton (Mercedes-AMG Petronas F1), dan Sebastian Vettel (Aston Martin).

Saat Verstappen mengalami insiden akibat ban mobilnya yang pecah, bendera merah dikibarkan pada lap 49 yang berarti balapan hanya menyisakan dua lap.

Begitu balapan diulang, Perez yang berada di posisi terdepan berusaha melakukan rem sedekat mungkin dengan tikungan (late braking) di T1. Hamilton pun melakukan hal serupa, akan tetapi ban mobil Mercedes W12 yang dikemudikannya terkunci sehingga ia keluar lintasan.

Posisi pertama sampai ketiga saat finis GP Azerbaijan pun menjadi milik Perez, Vettel, dan Gasly. Adapun Hamilton tak mendapatkan poin karena finis di urutan ke-16.

Hasil di GP Azerbaijan menjadi posisi finis podium ketiga selama Pierre Gasly berkarier di F1 sejak debut di GP Malaysia 2017. Menariknya, dua podium lainnya juga direbut oleh pebalap asal Prancis itu dalam kondisi balapan yang penuh dengan insiden.

Sebagai catatan, selain Verstappen, Lance Stroll (Aston Martin) juga mengalami pecah ban di lap 31 GP Azerbaijan. Alhasil, balapan dihentikan cukup lama untuk membersihkan serpihan mobil Stroll.

Kali pertama Gasly merebut podium yakni saat finis kedua di GP Brasil 2019. Saat itu, balapan yang digelar di Sirkuit Interlagos tersebut telah dipenuhi insiden dari awal balapan yang berupa senggolan dan tabrakan.

Empat pebalap gagal finis di GP Brasil 2019 tersebut. Duet Ferrari, Sebastian Vettel dan Charles Leclerc, harus mundur dari balapan karena tabrakan. Stroll yang membela Racing Point (nama lama Aston Martin), mengalami kerusakan suspensi.

Sedangkan mobil Valtteri Bottas bermasalah pada pompa oli. Kemudian Hamilton diganjar penalti 5 detik karena menyebabkan tabrakan dengan Alexander Albon (Red Bull). Alhasil, posisi podium ketiganya dicoret dan menjadi ketujuh.

Hasil GP Brasil 2019 itu menjadi kali pertama bagi mobil bermesin Honda untuk finis P1 dan P2 sejak terakhir mencatatatkannya pada 1991. Pasalnya, saat itu Gasly yang membela Toro Rosso (kini AlphaTauri) finis di belakang Max Verstappen (Red Bull Racing).

Kemudian Gasly naik podium untuk kali kedua saat memenangi GP Italia 2020 yang juga penuh dengan insiden. Kecelakaan hebat yang dialami Leclerc di Parabolica membuat balapan tersebut harus restart pada lap 28. Gasly yang saat itu diuntungkan dengan penalti stop-and-go yang dialami Hamilton, akhirnya mampu mengklaim podium utama.

“Lucu memang soal keterkaitan saya dengan Grand Prix yang chaos ini. Kini, saya memiliki hasil finis podium yang lengkap masing-masing sekali menang (GP Italia 2020), kedua (GP Brasil 2019), dan ketiga (GP Azerbaijan 2021),” kata Gasly seperti yang dilansir dari Motorsport.com.

“Untuk mendapatkan posisi itu (finis P3 di Baku), saya harus bertarung mati-matian dengan Leclerc dan saya memenanginya,” lanjutnya.

“Seluruh skuad AlphaTauri benar-benar bangga atas hasil kerja mereka karena Yuki (Tsunoda) juga mampu finis ketujuh (6 poin),” ungkap Gasly.

Keberhasilan AlphaTauri merebut 21 poin di GP Azerbaijan membuat tim tersebut kini berada di peringkat kelima klasemen konstruktor. Pierre Gasly sendiri bertengger di peringkat kedelapan klasemen pebalap dengan total 31 poin.

Artikel Tag: Pierre Gasly, AlphaTauri, F1 2021, GP Azerbaijan

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru