Kanal

Malaysia Raih Emas SEA Games Perdana di Bulu Tangkis Setelah 23 Tahun

Penulis: Yusuf Efendi
23 Mei 2022, 17:45 WIB

Podium Ganda Campuran Sea Games 2021/[Foto:NST]

Berita Badminton: Meraih medali emas di Kejuaaran individual Sea Games di Hanoi kemarin sangat berarti bagi pasangan ganda campuran Malaysia, Chen Tang Jie / Peck Yen Wei.

Mereka tidak hanya mengakhiri penantian 23 tahun Malaysia untuk gelar ganda campuran di kejuaraan dua tahunan itu, tetapi juga berkontribusi pada penghitungan medali emas negara itu.

Di final di Gimnasium Bac Giang, petenis pasangan 29 dunia Tang Jie/Yen Wei bangkit dari ketertinggalan satu game untuk mengalahkan peringkat 23 dunia, Hoo Pang Ron/Cheah Yee See 15-21, 21-19 dan 21-13 di final all- final Malaysia.

Demikian pula di Jakarta 23 tahun lalu, Chew Choon Eng/Chor Hooi Yee mengalahkan rekan senegaranya Rosman Razak/Norhasikin Amin untuk merebut medali emas ganda campuran.

“Kami merasa sangat bangga dengan diri kami sendiri. Sekarang kami bisa mempersembahkan medali emas untuk Malaysia di nomor ganda campuran. Akhirnya semua kerja keras dan pengorbanan kita terbayarkan,” kata Yen Wei kemarin.

“Kami tidak hanya mengakhiri penantian panjang Malaysia untuk emas ganda campuran, tetapi juga berkontribusi pada perolehan medali secara keseluruhan. Kami percaya bahwa ketika Anda melakukan yang terbaik, Tuhan akan melakukan sisanya," tambahnya.

Mengikuti heroik Tang Jie/Yen Wei, BA dari Malaysia (BAM) mencapai satu target medali emas yang ditetapkan untuk Olimpiade Hanoi.

Kamp bulu tangkis Malaysia menutup kampanye mereka di Vietnam dengan satu medali emas, dua perak (beregu putra dan ganda campuran) dan satu perunggu (ganda putri).

Pada Sea Games Manila 2019, kubu bulu tangkis Malaysia mempersembahkan tiga emas, dua perak, dan lima perunggu.

Presiden BAM Tan Sri Norza Zakaria, yang juga presiden Dewan Olimpiade Malaysia (OCM), menyerahkan medali kepada Tang Jie-Yen Wei dan Pang Ron-Yee See.

Artikel Tag: Malaysia, SEA Games 2021

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru