Kanal

Leong Jun Hao Yakin Masih Bisa Bertahan di Timnas Senior Malaysia

Penulis: Yusuf Efendi
20 Sep 2021, 15:00 WIB

Leong Jun Hao/[Foto:Thestar]

Berita Badminton : Pebulu tangkis tunggal putra Leong Jun Hao adalah satu-satunya juara junior, baik dari tingkat Asia maupun dunia yang masih bertahan di tim nasional setelah tersingkirnya Goh Jin Wei.

Bisakah pemain berusia 22 tahun itu bertahan atau akankah dia menguap juga seperti juara dunia junior dua kali Jin Wei dan beberapa pemenang muda lainnya sebelumnya?

Juara junior Asia 2017 Leong Jun Hao yakin bisa bertahan hingga akhir di peringkat senior.

“Saya dipromosikan ke tim nasional empat tahun lalu dan saya yakin, saya bisa naik ke peringkat senior,” kata Jun Hao.

“Kemajuan saya terhambat oleh cedera pinggul di masa lalu dan kemudian datang istirahat panjang karena Covid-19, tetapi saya percaya waktu yang tepat bagi saya untuk melangkah."

“Saya sadar bahwa beberapa juara junior lainnya telah pergi tetapi saya berharap untuk bertahan karena saya memiliki lebih banyak tujuan untuk dicapai," ungkapnya.

Pada hari Senin, Jin Wei, juara dunia junior dua kali berhenti dari bulu tangkis bergabung dengan beberapa juara junior lain sebelum mengapai potensi penuh mereka di peringkat senior.

Yang lainnya termasuk juara junior Asia 2013 Soo Teck Zhi, juara junior Asia dan dunia 2011 Zulfadli Zulkifli dan beberapa juara ganda junior dunia seperti pemenang dua kali Ow Yao Han, yang memenangkannya bersama Chooi Kah Ming (2009) dan Yew Hong Kheng (2010 ), Nelson Heg-Teo Ee Yi (2011) dan Mak Hee Chun-Teo Kok Siang (2008).

Teck Zhi berjuang dengan cedera dan masalah pribadi sementara karir pemain profesional, Zulfadli terhenti setelah larangan karena masalah pengaturan pertandingan. Yang lain memiliki alasan berbeda dan beberapa gagal lolos meski banyak peluang yang diberikan.

Ee Yi masih bermain sebagai pemain independen dengan Ong Yew Sin sementara Hee Chun mewakili Hong Kong sekarang.

Ada pemenang juara dunia junior lainnya sebelum angkatan ini tetapi telah mencapai hasil yang cukup baik meskipun tidak ada yang membuat kejutan di turnamen besar.

Leong Jun Hao berharap untuk membuat kesan dimulai dengan pertandingan Piala Thomas keduanya di Aarhus, Denmark, dari 9-17 Oktober.

Dia telah dipilih bersama dengan Lee Zii Jia, Cheam June Wei, Aidil Sholeh Ali Sadikin dan pemain ganda Aaron Chia/Soh Wooi Yik, Goh Sze Fei/Nur Izzuddin Rumsani, Man Wei Chong/Tee Kai Wun dan Low Hang Yee.

“Saya bebas dari cedera apa pun sekarang. Saya bermain dalam satu pertandingan dalam tugas saya sebelumnya (di Bangkok pada 2018) tetapi kali ini, saya berharap untuk memainkan peran yang lebih besar," katanya.

Pemain peringkat 120 dunia, Leong Jun Hao diharapkan bermain sebagai tunggal ketiga.

Artikel Tag: Leong Jun Hao, Lee Zii Jia

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru