Kanal

Lee Chong Wei Desak Para Pemain Kuatkan Mental Menuju Olimpiade Paris 2024

Penulis: Yusuf Efendi
12 Jun 2024, 01:30 WIB

Lee Chong Wei/[Foto:Thestar]

Berita Badminton : Dengan hanya tujuh minggu tersisa menuju Olimpiade Paris, legenda bulu tangkis Malaysia Lee Chong Wei menekankan pentingnya persiapan psikologis bagi para pemain bulu tangkis tanah air.

Mengingat terbatasnya waktu, ia yakin tidak realistis bagi atlet untuk memperoleh keterampilan atau taktik baru.

Sebaliknya, mereka harus fokus pada peningkatan ketahanan mental agar siap menghadapi tantangan di masa depan.

Lee Chong Wei, seorang veteran penampilan empat Olimpiade dengan tiga medali perak di tunggal putra, juga merupakan manajer tim tim bulu tangkis Malaysia untuk Olimpiade Paris.

Ia berpesan kepada para atlet untuk tidak berkecil hati dengan penampilan terkini di Indonesia Open 2024 dan tetap menjaga pola pikir yang tajam dan positif.

Menurut Lee, suasana Olimpiade yang unik tidak hanya menuntut persiapan fisik tetapi juga mental yang besar.

Dalam turnamen baru-baru ini, termasuk Turnamen Indonesia Open Super 1000, para pemain Malaysia mendapatkan hasil yang beragam.

Lima pemain Malaysia yang lolos ke Olimpiade antara lain pemain tunggal putra Lee Zii Jia, pemain tunggal putri Goh Jin Wei, ganda putra Aaron Chia/Soh Wooi Yik, ganda putri Pearly Tan/Thinaah Muralitharan, dan ganda campuran Chen Tang Jie/Toh Ee Wei, hanya Lee Zii Jia dan Pearly Tan/Thinaah Muralitharan yang mencapai delapan besar, sedangkan ganda putra tersingkir di babak kedua, dan ganda campuran serta tunggal putri tersingkir di babak pertama.

Meskipun mengalami kemunduran, Lee Chong Wei mendorong para atlet untuk tetap fokus dan kuat secara mental, menyoroti sifat berbeda dan bergengsi dari Olimpiade. Ia mengambil pelajaran dari pengalamannya sendiri, mencatat kehormatan yang tak tertandingi untuk berkompetisi di Olimpiade dan pentingnya kesiapan mental untuk memanfaatkan peluang luar biasa ini.

“Dengan waktu kurang dari 50 hari sebelum Olimpiade, para atlet tidak akan mempelajari keterampilan atau taktik baru sekarang. Yang penting sekarang adalah persiapan psikologis. Melihat hasil terkini mereka, ada yang berhasil dengan baik, dan ada yang belum, tapi apakah itu penting? Kalaupun mereka menjuarai Indonesia Open baru-baru ini, apakah itu menjamin mereka akan meraih emas di Olimpiade?” kata Lee.

“Saya berharap mental mereka tetap tajam dan jangan biarkan emosi terlalu banyak mempengaruhi pola pikir mereka. Olimpiade adalah acara yang sangat berbeda. Sebagai mantan atlet, saya dapat memberitahu Anda bahwa ketika Anda memasuki Perkampungan Olimpiade dan melihat cincin Olimpiade, perasaannya benar-benar berbeda,” tambah Lee.

“Ini adalah kehormatan tertinggi, jadi Anda perlu bersiap tidak hanya secara fisik tetapi juga mental,” jelas Lee.

Pada usia 42 tahun, Lee Chong Wei juga merefleksikan partisipasinya di Olimpiade:

“Tiga final, tiga medali perak, saya akan selalu menyesal tidak memenangkan medali emas yang berharga itu. Namun saya bangga mencapai final di tiga Olimpiade berturut-turut; hanya saya yang tahu betapa sulitnya mencapai tujuan itu.”

Artikel Tag: lee chong wei, Olimpiade Paris 2024

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru