Kanal

LeBron James Memutuskan Menjadi Agen Bebas Tanpa Batas

Penulis: Senja Hanan
22 Jun 2024, 13:02 WIB

LeBron James Memutuskan Menjadi Agen Bebas Tanpa Batas

Berita Basket NBA: LeBron James diperkirakan akan memilih keluar dari tahun terakhir kontraknya saat ini dengan Los Angeles Lakers. Dia memutuskan menjadi agen bebas tanpa batas.

Menurut Dan Woike dari The LA Times, dia pada akhirnya akan memilih untuk tetap bersama Lakers pada akhirnya. Namun, dengan menjadi agen bebas tanpa batas, LeBron James memperoleh dua hak penting. Yang pertama sudah jelas: dia bisa menandatangani kontrak dengan tim mana pun di NBA. Yang kedua sedikit lebih tidak jelas.

Karena James kini telah menghabiskan lebih dari empat tahun bersama Lakers dan lebih dari delapan tahun di NBA, dia berhak menerima klausul larangan perdagangan. Klausul larangan perdagangan tidak dapat ditambahkan ke kontrak yang ada dalam perpanjangan kontrak, jadi jika James menginginkannya di Los Angeles, memilih untuk tidak ikut serta adalah satu-satunya jalan untuk mendapatkannya. Dengan memilih keluar, James akan mengeluarkan sedikit uang untuk kontrak baru Lakers.

Perkiraan kontrak maksimal tiga tahun sebagai agen bebas akan menghasilkan sekitar $162 juta. Angka ini akan dimulai dari gaji maksimalnya, yaitu 5% di atas angka musim lalu sebesar $47,6 juta, dan kemudian termasuk kenaikan 8% di dua musim berikutnya. Jika James ikut serta dan memperpanjang kontrak, dia akan menghasilkan total lebih dari $164 juta dari kesepakatan baru tersebut karena alih-alih memulai dari batas maksimal berdasarkan proyeksi batas tahun ini, dia akan mulai dari angka opsi pemainnya sebesar $51,4 juta yang sedikit lebih tinggi.

LeBron James tidak bisa menandatangani kontrak lebih dari tiga tahun karena Peraturan Over-38. Perbedaan finansial dalam kedua kontrak tersebut relatif kecil, dan mungkin James memandangnya sebagai hal yang tidak signifikan sehingga memerlukan pengorbanan demi klausul larangan perdagangan. Lakers dilaporkan terbuka terhadap struktur kontrak apa pun yang disukai James dalam menegosiasikan kontrak barunya.

Di masa lalu, dia sering memilih kontrak satu tahun untuk memaksimalkan fleksibilitasnya dan memanfaatkan kenaikan batas gaji. Karena batasan tersebut diperkirakan akan naik sebesar maksimum 10% per tahun mulai offseason berikutnya, ia sebenarnya bisa menghasilkan lebih banyak uang dengan menandatangani kontrak satu tahun, namun hal itu akan membuatnya kehilangan keamanan finansial dari kontrak multi-tahun.

Artikel Tag: LeBron james, los Angeles lakers, NBA

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru