Kanal

Lakshya Sen Akui Sudah Pulih Dari Operasi Hidung Tahun Lalu

Penulis: Yusuf Efendi
15 Feb 2024, 15:00 WIB

Lakshya Sen/[Foto:Thestar]

Berita Badminton : Operasi hidung hampir menghentikan karir Lakshya Sen pada tahun 2022, tetapi pebulutangkis India itu tidak membiarkan kemunduran tersebut menghancurkan impian Olimpiadenya sepenuhnya.

Lakshya Sen, yang memenangkan medali emas di Birmingham Commonwealth Games, terpaksa menjalani operasi septum yang menyimpang tepat setelah Kejuaraan Dunia 2022 di Tokyo pada bulan Agustus.

Butuh waktu tujuh bulan yang berharga dalam karir Lakshya yang mulai berkembang dan pemain berusia 22 tahun itu juga keluar dari 30 besar pada awal tahun lalu sebelum perlahan-lahan mendapatkan kembali momentumnya dalam perlombaan kualifikasi Olimpiade.

Lakshya Sen saat ini berada di peringkat 19 dunia dan yakin ia dapat menyamai rekan senegaranya HS Prannoy, peringkat 7, di Olimpiade Paris dengan menembus 16 besar dengan hasil bagus di turnamen Eropa bulan depan.

“Banyak pasang surut yang saya alami tahun lalu, tetapi saya sudah pulih sepenuhnya dari masalah kesehatan dan saya akan fokus untuk lolos ke Olimpiade dalam dua bulan ke depan,” kata Lakshya saat Kejuaraan Beregu Asia.

“Mulai dari tur Eropa, saya memiliki sekitar empat hingga lima turnamen yang penting untuk kualifikasi Olimpiade. “Jika saya bisa tampil baik di turnamen-turnamen tersebut, bukanlah tugas yang sulit untuk menembus 16 besar dan lolos ke Paris 2024.”

Lakshya belum pernah memenangkan gelar sejak mengamankan Kanada Terbuka tahun lalu dan tidak memiliki awal yang baik tahun ini setelah kalah di putaran pertama Malaysia dan India Terbuka dan tersingkir di putaran kedua Indonesia Masters.

French Open di Paris (5-10 Maret) dan All England (12-17 Maret) akan menjadi fokus utamanya di Eropa dan kemungkinan besar ia juga akan bermain di Swiss Open (19-24 Maret) dan Spanish Masters ( 26-31 Maret) untuk meningkatkan peringkatnya lebih jauh. Lakshya juga berharap dapat membantu kinerja kuat India di ajang beregu dan memenangkan Kejuaraan Beregu Asia untuk pertama kalinya.

“Tim ini tampil baik di dalam dan di luar lapangan dan memenangkan Piala Thomas telah memberi kami motivasi. Kami belum memenangkan turnamen ini dan kami pasti akan berusaha memenangkan turnamen ini,” tambah Lakshya.

“Ini juga merupakan persiapan yang baik bagi kami karena kami akan mempertahankan Piala Thomas dalam waktu tiga bulan.”

India, yang mengalahkan Hong Kong 4-1 di Grup A untuk mencapai delapan besar, akan menghadapi China untuk menentukan juara grup hari ini.

Kejuaraan Piala Thomas akan diadakan di Chengdu, Tiongkok mulai 28 April-5 Mei di mana tuan rumah kemungkinan besar akan menjadi rival terkuat India.

Artikel Tag: Lakshya Sen, India, Kejuaraan Beregu Asia 2024

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru