Kanal

Kisruh! SC Freiburg Dilarang Bermain di Stadion Baru

Penulis: Febrian Kusuma
17 Sep 2020, 10:00 WIB

Stadion Baru Freiburg (Sumber: stadiumguide.com)

Berita Liga Jerman: Klub medioker Jerman, SC Freiburg menghadapi masalah yang cukup pelik jelang dimulainya pekan perdana Bundesliga musim 2020/21 mendatang. Tim besutan Christian Streich itu justru dilarang bertanding di stadion baru mereka.

Dalam beberapa bulan terakhir, Freiburg memang harus menghadapi perselisihan terkait jam operasional stadion baru mereka, yang terletak persis di sebelah landasan pacu bandara setempat. Perselisihan itu akhirnya diselesaikan oleh pengadilan administratif di negara bagian Baden-Wurttemberg pada hari Selasa (15/09).

Hasilnya, pengadilan memutuskan bahwa pertandingan Bundesliga pada hari Jumat setelah jam 8 malam waktu setempat, dan hari Minggu antara jam 1 siang hingga 3 sore, tidak dapat berlangsung di stadion tersebut.

“Keputusan itu keluar dari semua alasan. Jelas saya tidak mengharapkannya,” kata eksekutif Freiburg Oliver Leki, dikutip dari ESPN.

Keputusan itu pun dianggap sebuah kesalahan dalam mengklasifikasikan pengertian Sportanlagenlarmschutzverordnung, yang merupakan keputusan perlindungan kebisingan lapangan olahraga, yang menjadi salah satu dari banyak peraturan perundang-undangan unik di Jerman. Sportanlagenlarmschutzverordnung mengatur waktu penggunaan fasilitas olahraga untuk mengurangi kebisingan bagi penghuni di sekitarnya.

Dalam keputusannya, pengadilan mengklaim bahwa penyelenggaraan pertandingan di waktu-waktu tertentu akan menambah kebisingan bagi para penduduk di sekitarnya, yang sebenarnya juga telah dibisingkan oleh suara pesawat di landasan pacu bandara.

Hingga keputusan tersebut turun, SC Freiburg belum memberikan konfirmasi di mana mereka akan menjalani pertandingan kandang pertama Bundesliga melawan VfL Wolfsburg, 27 September 2020.

Artikel Tag: SC Freiburg, Bundesliga

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru