Kanal

Kepindahan Valentino Rossi Disebut Tak Akan Berdampak Bagi Tim Yamaha

Penulis: Abdi Ardiansyah
23 Jan 2021, 23:35 WIB

Valentino Rossi

Berita MotoGP: Valentino Rossi dinilai bakal tetap jadi rider yang berperan penting dalam pengumpulan data untuk tim pabrikan Yamaha, meskipun hanya memperkuat tim satelit, Petronas Yamaha SRT di ajang MotoGP 2021 nanti.

Meskipun musim ini tim pabrikan Yamaha tak akan diperkuat oleh Valentino Rossi, namun bos Yamaha, Lin Jarvis menyebut bahwa tak akan ada perubahan besar soal pengembangan motor YZR-M1 pada 2021.

"Akhir musim 2020 menandai momen penting bagi kami dan Valentino karena dia menjalani 15 musim bersama tim pabrikan Yamaha. Itu sangat luar biasa," kata Jarvis dilansir dari Crash.

"Dia jelas melakukan dua tugas. Pertama dia menjalani tujuh tahun sebelum dia istirahat dua tahun di Ducati dan kemudian dia melakukan bagian pengembangan selama delapan tahun sejak kembali ke Yamaha," ucap Jarvis.

"Jadi, itu akan menjadi perubahan. Tidak diragukan lagi karena pindah seperti itu, akan berbeda. Di sisi lain, Valentino akan tetap mendapatkan dukungan penuh dari pabrikan, dia akan mengendarai motor pabrikan dengan spek yang sama dengan pembalap tim pabrikan."

Jarvis pun mengakui bahwa penting bagi timnya untuk memiliki lebih banyak pebalap di lintasan. Sehingga makin banyak data dan informasi yang akan menjadi masukan.

"Kami juga mendapatkan beberapa informasi menarik dari kehadiran Franky (Franco Morbidelli) di sini tentang motor spek A. Jadi, tidak akan menjadi perubahan besar, itu tidak akan menjadi defisit dalam hal apapun dan tidak akan banyak mengubah cara kami mengembangkan motor."

Sementara Rossi sendiri juga mengungkapkan bahwa ia berharap memiliki peran yang sama besarnya kala mengarungi musim 2021, meskipun pindah ke tim satelit.

"Saya pikir saya akan terlibat seperti tahun ini. Jadi tidak banyak berubah. Namun, kami perlu memahami apakah tahun ini saya sangat terlibat atau tidak. Yang bisa saya lakukan adalah memberikan semua pengalaman saya dan mencoba mengatakan apa yang kami butuhkan. Kurang lebih kami memiliki masalah yang sama untuk banyak waktu. Jadi saya pikir tahun depan (tahun ini) tidak akan berubah banyak."

"Bagaimanapun juga mekanik Yamaha Jepang mendengar apa yang dikatakan pembalap, tetapi pada akhirnya mereka melakukan apa yang mereka inginkan. Maksud saya, mereka sudah memikirkan apa yang ingin mereka lakukan," tutur Rossi.

Artikel Tag: Valentino Rossi, yamaha, Petronas Yamaha SRT

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru