Kanal

Kemenangan Danilo Petrucci di Reli Dakar Buktikan Kualitas Pebalap MotoGP

Penulis: Abdi Ardiansyah
17 Jan 2022, 00:20 WIB

Danilo Petrucci

Berita MotoGP: Bos Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, menilai penampilan solid Danilo Petrucci di Reli Dakar menjadi bukti bahwa para pebalap MotoGP adalah orang-orang terpilih.

Eks pebalap MotoGP, Danilo Petrucci, mampu mencatatkan sejarah dalam debutnya di ajang Reli Dakar. Dalam kondisi dimana ia patah hati karena kehilangan kursinya di kelas premier, Petrucci lalu menemukan setitik cahaya tentang kariernya di balap motor.

Pria asal Italia itu berpikir bahwa pensiun dari kejuaraan MotoGP berarti bisa mewujudkan impiannya untuk tampil di Reli Dakar. KTM lantas memberikan jalan pada Petrucci dengan menjadi sponsornya.

Tawaran tersebut tentu saja langsung disambut dengan antusias olehnya. Rider berjuluk Petrux itu pun balapan di RelI Dakar dengan membawa bendera Tech3 KTM.

Meski persiapannya hanya berlangsung dalam waktu singkat, yakni dimulai dari bulan November, ia terbukti mampu tampil kompetitif.

Danilo Petrucci bahkan berhasil menjadi pemenang Stage 5. Ia lantas mencatatkan prestasi sebagai eks rider MotoGP pertama yang menguasai etape Dakar.

Sayangnya, problem pada katup bahan bakar yang membuat motor pria berusia 31 tahun itu mogok di tengah gundukan pasir pada Stage 2 dan mengebut di zona aman membuatnya dijatuhi penalti 12 jam 4 menit. Pada etape pamungkas, suspensi belakang motor Petrucci mengalami kerusakan sehingga harus bersusah payah untuk mencapai garis finis dan akhirnya menempati urutan ke-32.

Ia lalu mengakhiri Reli Dakar 2022 pada peringkat ke-84 klasemen dengan catatan waktu 59 jam 29 menit 22 detik, selisih hingga 20 jam 42 menit 4 detik dari pebalap yang keluar sebagai juara, Sam Sunderland.

Kiprah Petrucci di Reli Dakar mencuri perhatian banyak pihak karena dirinya rajin memberitahu perjalanannya sepanjang kejuaraan tersebut. Eks rider Ducati itu juga membawa penggemarnya untuk merasakan emosi yang sama.

Rekan-rekannya dari MotoGP pun mengirim pesan dukungan kepada Petrucci. Tak sedikit juga yang ingin mendengar pengalamannya di Reli Dakar secara detail.

Bos Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, menjadi salah satu sosok yang mendapat informasi terbaru seputar Petrucci. Ia pun menyebut pencapaiannya di Reli Dakar telah membuktikan bahwa para pebalap MotoGP adalah sosok-sosok yang berkualitas.

“24 pebalap terbaik di dunia berada di MotoGP dan Danilo Petrucci membuktikan itu. Danilo mengesankan semua orang dengan pace di Dakar 2022, menjadi salah satu rider tercepat, terlepas dari masalah yang dialami pada bukit pasir,” katanya dikutip dari Motorsport.com.

Artikel Tag: Danilo Petrucci, MotoGP 2022

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru