Kanal

Katerina Tomalova Tak Sabar Hadapi Tantangan di Kejuaraan Eropa 2021

Penulis: Yusuf Efendi
13 Apr 2021, 01:30 WIB

Katerina Tomalova/[Foto:Badmintoneurope]

Berita Badminton : Dengan Kejuaraan Eropa yang sudah dekat, kami melihat lebih dekat bagaimana Katerina Tomalova mempersiapkan diri untuk acara besar yang akan datang di tahun yang sibuk ini.

Ratu tunggal putri asal Ceko yang berasal dari kota kecil Ostrava di timur laut negara Eropa Tengah itu, pemain berusia 28 tahun ini telah menunjukkan penampilan yang cukup mengesankan dalam beberapa turnamen terakhir.

Berjuang melawan beberapa pemain top dunia, Tomalova telah memperebutkan poin-poin itu menjelang Tokyo, yang saat ini menduduki peringkat 101 dalam daftar tunggal putri Dunia. Bahkan setelah kekalahan terakhirnya melawan Line Christophersen yang muda dan berbakat di Orléans Masters 2021, bintang Ceko itu telah berlatih keras dengan perhatiannya yang ditujukan untuk kesuksesan total.

Setelah tujuh bulan menunggu para pemimpin untuk mulai berkompetisi lagi, Katerina Tomalova melangkah ke Kejuaraan Internasional Bulgaria 2020 dengan pandangan positif tentang apa yang akan datang. Kunci sukses berkali-kali terletak pada kekuatan fokus, dan pemain bulutangkis tahu betul betapa pentingnya hal itu untuk kinerja apa pun di lapangan.

Saat ditanya siapa lawan terberatnya beberapa bulan lalu, Tomalova menunjuk runner up Eropa Mia Blichfeldt.

"Terakhir kali saya bermain melawannya di European Games dan dia sangat fokus pada setiap pukulan. Dia tidak memberi saya kesempatan untuk menang dengan mudah," kata Tomalova.

Bobot yang dimiliki oleh kemampuan berkonsentrasi pada setiap aspek permainan bukanlah rahasia Katerina Tomalova. Salah satu hal yang dia soroti tentang pelatihan di Center of Excellence adalah bagaimana para pemain di lokasi, yang dia gambarkan sebagai komunitas internasional, sangat fokus pada tujuan yang sama. Persiapan adalah kunci sukses Katerina Tomalova tahu dia perlu berlatih keras untuk tetap berada di puncak permainannya.

Dengan tidak adanya pusat pelatihan bulutangkis nasional di Republik Ceko, dia merasa sulit menemukan lokasi yang cocok untuk berkembang seperti yang dia inginkan. Dengan pemain ikonik Lin Dan dan Lee Chong Wei sebagai idola masa kecilnya, dia jelas tahu apa yang ingin dia dapatkan, jadi pemain ambisius itu ditemukan di Center of Excellence, tidak hanya fasilitas yang dia cari, tetapi juga tempat inspirasi.

"Pusat ini telah berkembang pesat tahun lalu. Ada lebih banyak anak perempuan jadi sangat bagus bahwa kami sekarang memiliki sekelompok pemain tunggal putri yang kuat," Tomalova menegaskan.

Rutinitas hariannya terutama didasarkan pada sesi pelatihan dan sesekali melarikan diri ke sauna dan kolam renang, tetapi berkumpul untuk makan malam dengan pemain lain di center adalah bagian penting dari kehidupan sehari-harinya. Bagaimanapun, hidup bukan hanya tentang permainan, dan dia merindukan relaksasi dan makanan lezat di tepi laut dalam cuaca hangat di tujuan liburan yang indah, serta bersantai dari waktu ke waktu, mungkin menonton film favoritnya, Matrix.

"Saya udah menontonnya berkali-kali, dan itu menarik, ketika film itu dibuat, itu adalah topik baru yang menarik," jelas Tomalova.

Jadi seperti dalam film di mana hubungan antara otak, pikiran, dan tubuh memainkan peran yang sangat penting dalam rangkaian acara secara keseluruhan, Katerina Tomalova memahami potensi yang dimiliki fokus pada penampilan fisiknya untuk sukses, dan Kejuaraan Eropa adalah sebuah kesempatan besar untuk melakukannya.

Kejuaraan Eropa 2021 akan berlangsung di Kyiv, Ukraina dari 27 April hingga 2 Mei mendatang.

Artikel Tag: Katerina Tomalova, Badminton Eropa, Kejuaraan Eropa 2021

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru