Kanal

Jepang Memang Punya Kualitas Samai China Sapu Bersih Emas Olimpiade

Penulis: Yusuf Efendi
06 Jun 2021, 16:00 WIB

Yuta Watanabe-Arisa Higashino/[Foto:AFP]

Berita Badminton : Tim nasional China menyapu bersih semua medali emas bulu tangkis di Olimpiade London 2012 dan sekarang, Jepang sepertinya bisa melakukan hal yang sama.

Jepang akan memiliki tim bulutangkis terbesar di Olimpiade kandang mereka dengan kualifikasi 13 pemain di Olimpiade dari 23 Juli-8 Agustus.

Mereka tidak hanya memiliki jumlah besar tetapi mereka juga memiliki kualitas dan kedalaman dalam tim. Kecuali ganda campuran, mereka memiliki dua wakil di semua sektor lainnya.

Negeri Sakura akan diwakili oleh juara dunia dua kali, Kento Momota, Kanta Tsuneyama di tunggal putra; Nozomi Okuhara dan Akane Yamaguchi (tunggal putri); Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe dan Takeshi Kamura/Keigo Sonoda (ganda putra), Yuki Fukushima/Sayaka Hirota dan Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara (ganda putri) serta Yuta Watanabe/Arisa Higashino di ganda campuran.

Yuta akan menjadi pemain yang luar biasa, yang akan bermain di dua sektor yakni ganda putra dan ganda campuran. Keberhasilan Jepang di Olimpiade hanya datang di bagian kemudian ketika Mizuki Fujii/Reika Kakiiwa menjadi peraih medali pertama negara itu dengan menang di ganda putri di Olimpiade Beijing 2008.

Di Rio 2016, mereka tampil lebih baik ketika Nozomi dan Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi membawa dua medali untuk Jepang di tunggal putri dan ganda putri. Dengan absennya Carolina Marin dari Spanyol, yang mengundurkan diri karena cedera, jalan menjadi lebih jelas bagi Nozomi untuk mengejar emas keduanya. Tahun ini, harapan para pemain pria juga melakukan serangan yang kuat.

Kento Momota, yang kalah dari pemain Malaysia Lee Zii Jia di perempat final All England pada Maret tahun ini, dipandang sebagai favorit di kandang sendiri sementara Hiroyuki/Yuta sedang on fire, memenangkan All England dua kali pada 2020 dan 2021. Mereka mungkin hanya memiliki satu pasangan di ganda campuran Yuta/Arisa tetapi keduanya mematikan.

Saat ini, Jepang adalah satu-satunya tim dengan kekuatan yang sama di semua sektor, memungkinkan untuk memenangkan kelimanya.

Pelatih kepala tim nasional, Park Joo Bong telah bekerja keras dengan tim pelatih dan pemainnya terlepas dari semua tantangan di negara mereka, di mana kasus Covid-19 masih meningkat tetapi berdasarkan tingkat kerja, hasil, dan tekad mereka, penampilan impresif di rumah adalah mungkin.

Artikel Tag: jepang, Yuta Watanabe, olimpiade tokyo 2020

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru