Kanal

Jelang Australian Open, Emma Raducanu Komentari Kontroversi Novak Djokovic

Penulis: Dian Megane
15 Jan 2022, 22:54 WIB

Emma Raducanu

Berita Tenis: Petenis berkebangsaan Inggris, Emma Raducanu membagikan pandangannya terkait kontroversi Novak Djokovic jelang debut di Australian Open musim 2022.

Petenis peringkat 1 dunia, Djokovic telah mendominasi headline yang dimulai dengan pengecualian medisnya, ditahan di bandara Melbourne, dan dipindahkan ke hotel karantina, sebelum hakim mengabulkan bandingnya yang pertama.

Namun kontroversi masih terus berlanjut setelah petenis berkebangsaan Serbia melakukan wawancara dengan media Perancis, L’Equipe pada 18 Desember dan mengakui bahwa ia mengetahui ia terinfeksi positif COVID-19 pada hari itu.

Selain itu, ia menyatakan bahwa ia tidak melakukan perjalanan ke mana pun selama 14 hari sebelum tiba di Australia. Tetapi ternyata hal tersebut tidak benar setelah ia melakukan perjalanan ke Spanyol sebelumnya.

Visa petenis peringkat 1 dunia pun dibatalkan untuk kali kedua dan ia berharap naik bandingnya kali ini pun akan sesuai dengan yang ia harapkan.

Juara US Open musim 2021 mengklaimbahwa kontroversi Djokovic telah mencuri perhatian dari pencapaian Andy Murray yang melenggang ke final turnamen ATP untuk kali pertama di Sydney pekan ini sejak musim 2019.

“Saya merasa situasi itu telah sedikit direnggut dari pertandingan tenis luar biasa yang telah terjadi sampai saat ini di Australia,” ungkap Raducanu.

“Contohnya Andy Murray. Ia berada di final malam ini (15/1), yang saya pikir cukup mengagumkan. Melihatnya bangkit, menang, dan bermain dengan begitu baik.”

Sementara persiapan Raducanu jelang debut di Grand Slam Melbourne terganggu ketika ia positif terinfeksi COVID-19 pada Desember lalu.

Pertandingan pertama petenis peringkat 18 dunia pada musim 2022 berlangsung di Sydney pekan lalu di mana ia dibantai Elena Rybakina dengan 6-0, 6-1.

“Saya hanya ingin tetap menempatkan diri saya di lapangan. Bahkan jika saya dikalahkan, semuanya tentang bangkit dan dan terpuruk. Anda satu langkah lebih baik dan anda lebih banyak belajar.”

Sementara juara Australian Open musim 2009, Rafael Nadal menyatakan bahwa ia ‘lelah’ dengan situasi dan menjelaskan bahwa tidak ada satu pun petenis yang lebih besar daripada tenis itu sendiri.

“Sejujurnya saya sedikit lelah dengan situasi itu, karena saya hanya mempercayai bahwa penting untuk membicarakan tentang olahraga kita, tentang tenis,” tutur Nadal.

“Saya mengatakan satu hal kepada anda, sudah jelas Novak Djokovic adalah salah satu petenis terbaik dalam sejarah, tanpa diragukan.”

“Tetapi tidak ada satu pun petenis dalam sejarah yang lebih penting daripada tenis. Para petenis datang dan pergi, dan petenis lain datang. Tidak ada satu pun petenis, bahkan Roger, Novak, diri saya sendiri, Bjorn Borg, yang sungguh mengagumkan pada masanya. Tenis akan terus maju.”

“Australian Open jauh lebih penting daripada petenis manapun. Jjika pada akhirnya ia bermain, tidak masalah. Jika ia tidak bermain, Australian Open akan tetap menjadi Australian Open yang luar biasa dengan atau tanpa dirinya. Itu sudut pandang saya.”

Artikel Tag: Tenis, australian open, Emma Raducanu, Novak Djokovic, Rafael Nadal

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru