Kanal

Honda Kecewa Dituduh Hapuskan Wildcard Hanya Demi Balas Dendam ke Lorenzo

Penulis: Abdi Ardiansyah
23 Mei 2020, 23:15 WIB

Jorge Lorenzo saat masih membela tim Repsol Honda.

Berita MotoGP: Bos Tim Repsol Honda, Alberto Puig, mengaku kecewa dituduh sengaja menyabotase penghapusan wildcard musim ini demi balas dendam ke Jorge Lorenzo.

Sebelumnya, test rider Ducati, Michele Pirro, mengaku kecewa lantaran kesempatan tampil sebagai wildcard musim ini ditiadakan. Pirro pun membuat spekulasi bahwa Lorenzo adalah alasan di balik semuanya.

Ia menuduh Honda menjadi otak di balik penghapusan wildcard demi membalas dendam kepada Lorenzo.

"Membuat keputusan seawal ini menurut saya tidak benar. Saya tidak tahu apakah ini demi menghukum seseorang atau semacamnya, tetapi ini tidak benar. Mungkin Honda ingin menghukum Lorenzo karena pindah ke Yamaha, tetapi saya bukan Lorenzo yang punya banyak uang dan bisa bersantai di rumah," tutur Pirro.

Sebagaimana diketahui, Lorenzo memang mengakhiri hubungannya dengan Honda setahun lebih cepat lantaran memilih untuk pensun. Ironisnya, Lorenzo bergabung jadi test rider Yamaha dan mendapatkan kesempatan tampil balapan lagi sebagai wildcard. Sejak saat itulah, hubungan Honda dengan Lorenzo semakin merenggang bahkan sempat saling lempar kritikan.

Tuduhan Pirro ini pun mendapatkan respon dari manajer Repsol Honda, Alberto Puig.

Ia menilai bahwa pernyataan Pirro ini sangat menyakitkan karena keluar ketika tim dan pebalap tengah berjuang menghadapi masa-masa sulit akibat pandemi virus corona.

Puig menjelaskan bahwa Honda sudah berjuang keras menemukan solusi bersama pabrikan lain untuk keluar dari krisis akibat covid-19. Termasuk, dengan penghapusan wildcard MotoGP musim ini.

"Komentar Pirro sangat menyedihkan dan tidak pantas. Saya tidak tahu darimana pemikiran itu berasal. Saya pikir Pirro seharusnya tahu bahwa kami di Honda menghormati Lorenzo. Kami mengakhiri relasi tahun lalu dengan cara baik-baik dan terhormat," ujar Puig seperti dilansir dari Crash.net.

"Kami juga mengharapkan yang terbaik bagi dia [Lorenzo] untuk masa mendatang," pungkasnya.

Sebagai informasi, MotoGP musim ini terpaksa menghapus wildcard demi menekan jumlah pebalap dan kru yang bertugas di lintasan sebagai upaya menjalankan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran pandemi Covid-19.Selain itu, balapan musim ini dipastikan akan berjalan secara tertutup alias tanpa penonton.

Artikel Tag: Honda, Jorge Lorenzo, motogp 2020

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru