Kanal

Haikal Nazri Ungkap Hampir Mundur Dari Timnas Gegara Tak Punya Pasangan

Penulis: Yusuf Efendi
04 Jan 2024, 14:00 WIB

Haikal Nazri/[Foto:NST]

Berita Badminton : Pemain ganda putra yang tengah naik daun, Haikal Nazri mengungkapkan bahwa ia mempertimbangkan untuk berhenti dari tim nasional setelah mendapati dirinya tanpa pasangan untuk bersaing selama berbulan-bulan.

Untungnya, kegigihan pemain berusia 21 tahun ini membuahkan hasil, kemitraannya dengan Choong Hon Jian berkembang hanya dalam kurun waktu lima bulan setelah mereka mulai bekerja sama pada bulan Agustus lalu.

Mereka mencapai tiga final dan memenangkan dua di antaranya di Guwahati Masters Super 100 dan Syed Modi International Super 300, mengakhiri tahun ini dengan gemilang.

Duduk di peringkat 382 pada bulan September, mereka menyelesaikan musim di peringkat 52 dunia, pasangan ganda putra Malaysia yang berperingkat tertinggi keenam.

Haikal Nazri mengenang bagaimana ia merasa kehilangan setelah mantan pasangannya, Nur Izzuddin Rumsani, memutuskan untuk bersatu kembali dengan Goh Sze Fei pada bulan Mei setelah berpisah selama lima bulan.

Izzuddin menjadi rekan kedua Haikal di skuad senior. Haikal sebelumnya menjalin kemitraan yang berkembang dengan Wa Arif Junaidi, namun mereka berpisah menyusul perombakan awal tahun lalu.

Hon Jian juga terpengaruh karena dia bermain bersama Sze Fei pada periode yang sama. Namun berbeda dengan Haikal Nazri , Hon Jian masih fokus pada ganda campuran.

“Pada awalnya, saya setuju dengan gagasan perombakan kemitraan lagi, namun akhirnya, hal itu mulai mengganggu saya. Mau tak mau aku merasa iri saat melihat rekan-rekanku ikut turnamen dan memenangkan gelar,” kata Haikal.

“Terus terlintas di benak saya, kapan giliran saya? Saya pernah mencoba bersama Fazriq (Razif) di Kejurnas, tapi itu hanya satu kali saja. Tanpa solusi, saya sempat berpikir untuk berhenti dari timnas. Tapi syukurlah, saya mendapat dorongan dari orang-orang yang peduli pada saya, termasuk mantan pelatih tim negara bagian saya,” ungkapnya.

“Akhirnya saya putuskan untuk bertahan. Saya memikirkan anggota keluarga saya yang menaruh harapan besar kepada saya sebagai pemain nasional, dan saya skeptis dengan masa depan saya tanpa bulu tangkis karena hasil SPM saya juga tidak terlalu bagus.”

“Mimpi buruk itu akhirnya berakhir ketika pelatih Tan Bin Shen memutuskan untuk memasangkan saya dengan Hon Jian (pada bulan Agustus). Kami memulai dengan awal yang penuh gejolak, namun entah bagaimana kami mampu membalikkan keadaan, dan segalanya mulai berjalan sesuai rencana. "

Haikal-Hon Jian akan membuka musim mereka di Indonesia Masters Super 500 dan Thailand Masters Super 300 akhir bulan ini.

"Kami menargetkan setidaknya perempat final di turnamen Tur Dunia ini. Dengan partisipasi lebih banyak pasangan teratas, event mendatang tidak akan seperti apa yang kami hadapi di India bulan lalu; tentu saja, memenangkannya akan menjadi sebuah tantangan besar," kata Haikal.

“Kami mengakhiri tahun 2023 dengan baik, jadi mudah-mudahan kami bisa menjaga momentum ini. Kami ingin menembus 32 besar secepatnya sebelum menargetkan target tahunan kami untuk mencapai 20 besar.”

Artikel Tag: Haikal Nazri, Choong Hon Jian

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru