Kanal

Gilas Thailand, Tim Putri India Kampiun Kejuaraan Beregu Asia 2024

Penulis: Yusuf Efendi
19 Feb 2024, 00:30 WIB

Tim Putri India/[Foto:BAI]

Berita Badminton : Anmol Kharb sekali lagi tampil di saat yang tepat, memenangkan pertandingan kelima yang menentukan untuk memimpin putri India meraih gelar Kejuaraan Beregu Bulu Tangkis Asia yang bersejarah dengan kemenangan ketat 3-2 atas Thailand, di Selangor pada Minggu (18/2) .

Kelompok muda tim putri India yang lincah, dipimpin oleh PV Sindhu berpengalaman, menantang semua ekspektasi untuk mengalahkan peraih medali perunggu dua kali Thailand.

Ini adalah gelar besar pertama bagi tim putri di kejuaraan beregu dan memberikan dorongan besar bagi tim menjelang Piala Uber, yang akan diadakan di Chengdu, Tiongkok dari tanggal 28 April hingga 5 Mei.

India telah memenangkan dua medali di masa lalu dengan tim putra meraih medali perunggu pada edisi 2016 dan 2020.

“Ini adalah momen yang luar biasa bagi bulu tangkis India. Saya memberikan banyak pujian kepada anak-anak muda ini. Mereka menunjukkan semangat yang besar, saling mendukung, dan suasananya seperti saat India menjuarai Piala Thomas. Jadi ini momen spesial bagi tim nasional,” kata mantan pelatih timnas Vimal Kumar kepada PTI .

Meskipun seperti sebagian besar tim di kompetisi ini, Thailand tidak dalam kekuatan penuh, mereka masih memiliki pemain-pemain berperingkat lebih tinggi di sisinya. Thailand tidak diperkuat dua pemain tunggal teratasnya yakni peringkat 13 dunia Ratchanok Intanon dan Pornpawee Chochuwong, yang berada di peringkat 16 dunia.

Peraih medali Olimpiade dua kali Sindhu, yang kembali beraksi setelah istirahat selama empat bulan karena cedera, memberi India awal yang percaya diri.

Mantan juara dunia itu kembali ke performa terbaiknya yang agresif saat ia menggunakan kekuatan dan penempatannya untuk mengalahkan peringkat 17 dunia Supanida Katethong 21-12 21-12 di tunggal pertama dan memberi India keunggulan 1-0.

Pasangan eringkat 23 dunia Treesa Jolly dan Gayatri Gopichand melanjutkan penampilan gemilang mereka, menampilkan penampilan gemilang lainnya untuk mengejutkan pasangan peringkat 10 dunia Jongkolphan Kititharakul dan Rawinda Pra Jongjai 21-16 18-21 21-16 untuk menempatkan tim putri di kursi pengemudi.

Memainkan tunggal kedua melawan peringkat 18 dunia Busanan Ongbamrungphan, ekspektasi tinggi dari Ashmita Caliha setelah kemenangan menakjubkannya melawan mantan juara dunia Nozomi Okuhara pada hari Sabtu.

Pemain yang mengalahkan Busanan di Singapura Terbuka pada tahun 2022, bertahan dalam pertandingan tersebut hingga kedudukan 14-14 pada game kedua, namun serangkaian kesalahan sendiri setelahnya sangat merugikan Ashmita saat ia kalah 11-21, 14-21 melawan pemain berpengalaman. Ini akan menjadi tugas berat bagi pemain muda Shruti Mishra dan Priya Konjengbam, juara nasional senior, untuk menjinakkan kombinasi peringkat 13 dunia Benyapa Aimsaard dan Nuntakarn Aimsaard dan duo India peringkat 107 dunia diperkirakan kalah 11-21 9-21 di hanya 29 menit.

Skor menjadi imbang 2-2, Anmol kembali memikul tanggung jawab untuk membawa timnya lolos, dan dia melakukannya dengan kemenangan mendominasi 21-14, 21-9 atas peringkat 45 dunia Pornpicha Choeikeewong di tunggal ketiga yang menentukan.

Segera setelah kemenangan tersebut, seluruh skuad berkumpul untuk mengangkat Anmol, merayakan kemenangan luar biasa di Setia City Convention Center.

Artikel Tag: India, PV Sindhu, Anmol Kharb, Kejuaraan Beregu Asia 2024

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru