Kanal

Gagal Jadi Sosok Pemimpin, Korea Selatan Pecat Jurgen Klinsmann

Penulis: Depe Ptr
16 Feb 2024, 15:17 WIB

Jurgen Klinsmann via Gettyimages

Berita Sepak Bola: Pelatih asal Jerman, Jurgen Klinsmann resmi dipecat sebagai pelatih kepala Korea Selatan setelah kurang dari setahun bertugas.

Asosiasi Sepak Bola Korea (KFA) mengkonfirmasi pada hari Jumat (16/02) bahwa mantan manajer tim nasional Amerika Serikat, Bayern Munich dan Tottenham telah dipecat menyusul tersingkirnya Korea Selatan di semifinal Piala Asia 2023 dan di tengah kritik terhadap kepemimpinannya.

Direktur Teknik KFA, Hwangbo Kwan mengatakan ada "berbagai alasan" untuk meragukan kemampuan Klinsmann dalam menjalankan kepemimpinan dalam tim.

Korea Selatan kalah 2-0 dari Yordania di semifinal Piala Asia 2023 awal bulan ini, yang memperpanjang penantian mereka selama 64 tahun untuk meraih gelar ketiga dan menimbulkan seruan dari para penggemar dan beberapa politisi untuk memecat pria berusia 59 tahun itu.

Presiden KFA, Chung Mong-gyu mengatakan masa jabatan Klinsmann jauh dari harapan.

"Pelatih Jurgen Klinsmann gagal menunjukkan kepemimpinan yang kami harapkan dari pelatih tim nasional, termasuk manajemen permainan, manajemen pemain, dan sikap kerja, yang meningkatkan daya saing tim nasional," kata Chung kepada wartawan.

Popularitas Klinsmann di Korea merosot selama Piala Asia, banyak yang mengkritik sikapnya setelah ia terlihat tersenyum meski penampilan timnya buruk.

Kepemimpinan pelatih asal Jerman itu juga dipertanyakan setelah pertengkaran antar pemain menjelang semifinal, kapten Son Heung-min Son bahkan jarinya terluka dalam keributan antar pemain.

Sepanjang masa jabatannya, Klinsmann kerap dikritik karena lebih banyak bekerja di Los Angeles, tempat ia tinggal saat ini, meski sempat mengatakan akan menghabiskan waktu di Korea Selatan.

Artikel Tag: Piala Asia, Korea Selatan, jurgen klinsmann

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru