Kanal

Atletico Madrid Miliki Kunci Untuk Jadi Juara Liga Musim Ini

Penulis: Vina Enza
24 Nov 2020, 06:42 WIB

Kunci Atletico Madrid menjuarai La Liga musim ini (foto:twitter)

Berita Liga Spanyol: Atletico Madrid tidak diragukan lagi telah menunjukkan bahwa mereka adalah salah satu tim terbaik di Eropa melalui laga demi laga yang telah dilalui hingga sejauh ini. Terlebih di La Liga, dengan posisi Los Rojiblancos saat ini yang perlahan mendekati puncak klasemen menjadikan mereka kandidat juara musim ini meski perjalanan panjang masih harus dilalui. Pasukan Diego Simeone memiliki kunci untuk mewujudkannya.

Atletico Madrid hingga sejauh ini menorehkan hasil yang lebih baik dibandingkan Real Madrid dan Barcelona dan semua dikarenakan para pemain mereka yang bermain di level yang lebih tinggi dibandingkan sebelumnya. Ada lebih banyak persaingan dalam skuat Diego Simeone saat ini. Berikut kunci Atleti untuk memenangkan La Liga musim ini.

Situasi Luar Biasa di Klasemen La Liga

Real Sociedad masih menjadi pemimpin klasemen setelah kemenangan mereka atas Cadiz, Atleti terpaut tiga poin dari puncak klasemen namun masih memiliki dua laga yang belum dimainkan dibandingkan La Real. Mereka menempati posisi tersebut melalui kerja keras dengan tidak melihat hasil atau posisi tim lainnya, namun jika dibandingkan dengan Real Madrid atau Barcelona menunjukkan mereka yang menjadi favorit.

Los Blancos tertinggal tiga poin dan memiliki satu laga lebih banyak yang telah dimainkan, sedangkan Blaugrana telah tertinggal sembilan poin, sementara La Real dan Sevilla masih berusaha menggoyahkan pasukan Simeone, namun Atleti telah melalui beberapa laga berat melawan Barcelona, Villarreal dan Granada.

Torehan Jumlah Gol yang Bikin Iri

Tidak diragukan lagi tim besutan Diego Simeone selalu dikenal dengan solidnya lini pertahanan mereka dan sejauh ini mereka hanya kebobolan dua gol di La Liga. Namun kali ini mereka juga memberikan ancaman di lini serang dengan torehan 18 gol yang telah disarangkan tentunya lebih baik dibandingkan sembilan gol di musim 2018/19, ini merupakan rekor terbaik mereka dalam empat musim terakhir.

Semakin Solidnya Barisan Pertahanan

Atletico Madrid hingga sejauh ini sukses menahan gempuran para penyerang lawan selain karena penampilan gemilang kiper utama, Jan Oblak juga penampilan para defender mereka. Hanya Granada dan Osasuna yang mampu menjebol gawang mereka.

Duo Kieran Trippier dan Renan Lodi sempat diragukan di awal musim, sementara penampilan Felipe juga dianggap kurang dibandingkan musim lalu, Jose Gimenez terinfeksi virus corona, namun tidak ada yang menyangka. Defender Inggris kembali ke performa terbaiknya, Mario Hermoso lebih bisa diandalkan dan Stefan Savic memainkan sepak bola terbaik di sepajang kariernya.

Hampir 10 Bulan Tanpa Kekalahan

Tim besutan Diego Simeone belum pernah kalah di La Liga sejak kali terakhir pada 1 Februari saat mereka bertandang ke Estadio Santiago Bernabeau. Namun demikian mereka berjuang keras untuk menghindari kekalahan, menghindari kebobolan peluang dari lawan, seperti yang terlihat melawan Barcelona, Lionel Messi dan Clement Lenglet sempat mencatatkan peluang namun Oblak tidak melakukan banyak pekerjaan di sepanjang malam itu.

Kedalaman yang lebih baik dibandingkan sebelumnya

Kecuali di posisi bek kanan, di mana cedera Sime Vrsaljko masih menimbulkan masalah dan kurangnya opsi di lini serang, Atletico memiliki banyak kedalaman. Sebelumnya hanya Lodi satu-satunya pilihan di posisi bek kiri namun kini Hermoso bisa membantunya. Hector Herrera, Lucas Torreira, Marcos Llorente dan Geoffrey Kondogbia menjadi opsi untuk menggantikan Koke dan Saul Niguez.

Pemain dalam performa terbaiknya

Luis Suarez mungkin bisa menemukan kembali performa terbaiknya dan Oblak juga siap menikmati musim terbaiknya di sepanjang kariernya hingga sejauh ini, namun banyak pemain lain yang juga menikmati performa terbaiknya. Hermoso, Koke, Llorente, Yannick Carrasco dan Joao Felix semakin konsisten, bahkan Carrasco juga menikmati performa terbaiknya sejak kembali dari Cina dan menjadi pemain yang lebih baik dibandingkan di periode pertamanya.

Gaya Bermain yang lebih menarik

Selama bertahun-tahun di bawah Simeone, gaya bermain Atletico Madrid seringkali dikritik membosankan dan terlalu defensif. Namun saat ini smuanya telah berubah, mereka tampil lebih menyerang, melakukan tekanan tinggi di lini serang dan mereka seringkali memaksa lawan melakukan kesalahan di kotak penalti, semuanya itu membuat mereka menghasilkan lebih banyak gol, kebobolan lebih sedikit dan mendapatkan lebih banyak poin.

Artikel Tag: Atletico Madrid, Diego Simeone, La Liga

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru